Penggunaan Benih Bermutu Untuk Peningkatan Produksi

Salah  satu faktor penting yang memilih tingkat hasil tumbuhan yakni benih PENGGUNAAN BENIH BERMUTU UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI

Salah satu faktor penting yang memilih tingkat hasil tumbuhan yakni benih. Benih bersama dengan sarana produksi lainnya menyerupai pupuk, air, cahaya, iklim  memilih tingkat hasil tanaman. Meskipun tersedia sarana produksi yang cukup, tetapi tidak memakai benih bermutu maka akhirnya akan rendah. Benih bermutu meliputi mutu genetis, yaitu penampilan benih murni dari varietas tertentu yang mengatakan identitas genetis dari tumbuhan induknya, mutu fisiologis yaitu kemampuan daya hidup (viabilitas) benih yang meliputi daya kecambah dan kekuatan tumbuh benih dan mutu fisik benih yaitu penampilan benih secara prima  dilihat secara fisik menyerupai ukuran homogen, bernas, higienis dari campuran, bebas hama dan penyakit, dan kemasan  menarik.

Benih unggul harus memiliki sifat–sifat unggul menyerupai potensi hasil tinggi, umur genjah, tahan terhadap hama dan penyakit, dan tahan terhadap stres lingkungan. Selama ini petani yang sudah memakai benih bermutu jumlahnya terbatas, terutama alasannya adanya derma pemerintah, sedangkan kalau tidak ada derma lebih banyak memakai gabah hasil panen. Benih bermutu tidak harus berupa benih bersertifikat yang diperoleh dari produsen benih tetapi sanggup diproduksi sendiri asalkan dengan metode yang benar. Untuk menghasilkan benih bermutu harus diperhatikan mulai beberapa aspek budidaya dari penyiapan lahan hingga panen, antara lain pengaturan jarak tanam, pemupukan, pengairan, perlindungan  terhadap organisme pengganggu tanaman, rouging/seleksi, pemanenan dan pasca panen.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah