Teknik Budidaya Belimbing Wuluh Agar Cepat Berbuah Lebat

Jual Plastik Polybag Tanam - Lim Corporation

Belimbing wuluh merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan asalnya dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan juga tumbuh dengan bebas di negara Indonesia, negara Filipina, negara Sri Lanka, negara Myanmar, dan negara Malaysia. Tanaman ini kebanyakan ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya mempunyai rasa asam yang sering dipakai sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu. Pohon buah belimbing ini dapat mencapai ketinggian 5 m. Bentuk batangnya tidak begitu besar, bergaris tengah dengan ukuran 30 cm, tekstur kasar dan berbenjol-benjol, percabangannya sedikit dan juga condong ke atas.

Cabang mudanya berambut halus dan seperti beledu dan juga berwarna cokelat muda. Daunnya tersusun dengan bentuk ganda. Bentuk daunnya kecil, berbentuk telur dan juga jumlahnya 21 sampai 45 cm. Daun belimbing ini termasuk majemuk, menyirip serta ganjil. Anak daunnya memiliki tangkai pendek, bentuknya bulat telur sampai jorong, ujungnya runcing dan pangkalnya membulat serta tepinya rata. Ukuran daunnya sekitar 2 sampai 10 cm x 1 sampai 3 cm, berwarna hijau dan juga permukaan bawahnya berwarna hijau muda. Perbungaannya majemuk serta tersusun dalam malai, panjangnya bisa mencapai sekitar 5 sampai 20 cm, berkelompok dan keluar dari percabangan yang besar, kecil-kecil bentuknya bintang dan berwarna ungu kemerahan atau merah saja.
http://bit.ly/hargapolybag
 Buah belimbing wuluh termasuk dalam buah buni, bentuknya bulat lonjong bersegi, panjangnya 4 sampai 6,5 cm, warnanya hijau kekuningan, berair banyak bila sudah masam dan rasanya asam. Bentuk bijinya bulat telur dan gepeng. Belimbing wuluh mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, ada juga manfaat belimbing wuluh diantaranya bisa mengobati batuk, bisa mengatasi diabetes, bisa mengobati sakit gigi, bisa mengatasi jerawat, bisa mengatasi panu, bisa mencegah hipertensi serta bisa mengatasi sariawan. Berikut cara budidaya belimbing wuluh!

Persiapan Bibit Belimbing Wuluh

Bibit belimbing wuluh bisa didapatkan dengan cara mencangkok, menempel ataupun mengokulasi. Waktu penanaman bibit yang tepat yakni pada permulaan musim hujan, supaya nantinya pada akhir musim bila sudah kekurangan air, bibit itu telah kuat dan tahan mengahadapi kekeringan musim kemarau sebab saat-saat ini sudah banyak membentuk akarnya.

BACA JUGA:

Persiapan Lahan Tanam Belimbing Wuluh

Bila ditanam didaerah pegunungan hasilnya tidak bagus, sebab suhunya terlalu rendah dan hal tersebut menghambat pembentukan buah, jadi tidak masak pada waktunya, dan ukurannya akan tetap kecil saja juga rasanya kurang enak. Sebab tanah yang gembur dan subur sangat cocok, maka gemburkan tanah pada lahan yang akan dipakai. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 cm serta mempunyai kedalaman sekitar 50 cm dan juga jarak antar lubang tanam dibuat dengan minimal 6 meter. Di waktu menggali lubang tanaman, lapisan tanah yang tadinya terletak di bagian atas perlu ditumpuk disuatu tempat tersendiri. Sementara untuk lapisan tanah terletak dibawahnya ditumpuk ditempat yang lain tersendiri juga. Lalu biarkan lubang tanam tersebut selama 3 minggu supaya racun dalam tanah hilang.

Penanaman Belimbing Wuluh

Apabila semuanya sudah siap maka segera lakukan penanaman. Masukkan bibit belimbing wuluh pada lubang tanam tepat dibagian tengah lubang supaya akarnya bisa berkembang rata menemukan tanah gembur yang telah diberi pupuk kandang. Sesudah itu timbun dan sedikit tekan dengan tangan atau boleh diinjak-injak dengan memakai kaki supaya bibit tersebut lebih kuat dan tidak mudah roboh terkena air dan angin.

https://bit.ly/2dWIjly

Pemeliharaan Tanaman Belimbing Wuluh

Sehari sesudah penanaman maka bibit belimbing wuluh perlu diberi naungan baik itu dengan memakai atap rumbia atau daun kelapa. Bibit sudah dapat berbunga dan berbuah setelah berumur 3 sampai 4 tahun dan berbuahnya tidak terikat pada musim tapi setiap waktu sepanjang tahun dapat saja berbunga dan berbuah. Sejak umur satu tahun, tanaman harus diberi pupuk tambahan banyaknya sesuai dengan keperluan. Terutama umur satu hingga sepuluh tahun pertama. Pohonnya harus memperoleh pupuk yang cukup supaya tidak kekurangan nutrisi untuk pertumbuhannya.
Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah