Mengenal Gaharu ( Kolam Alem)


Gaharu(bak alem-red) – Mungkin sebagian besar dari kita masih belum mengenal kayu gaharu, kayu yang berasl dari poho gaharu dan biasanya tumbuh dengan baik di tempat tropis dengan ketinggian 750 meter dari permukaan laut. Berdasarkan hasil penelitian beberapa forum pendidikan, pohon gaharu tumbuh dengan baik apabila tanah yang ditumbuhinya sanggup ditumbuhi pohon berkayu keras. Dan dikala ini pohon gaharu banyak tumbuh  di tempat Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Banyaknya manfaat dan nilai jual yang tinggi menciptakan kayu gaharu ini menjadi primadona bagi para petani, bahkan tak hanya kayu gaharu saja yang mempunyai nilai ekonomis, untuk ukuran daun pun sanggup diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat.

Kayu Gaharu memiliki  kandungan resin atau damar bacin yang mengeluarkan aroma dengan keharuman yang khas. Dari aroma kayu gaharu  yang sangat popular bahkan sangat disukai oleh masyarakat negara-negara di Timur Tengah, Saudi Arabia, Uni Emirat, Yaman, Oman, daratan Cina, Korea, dan Jepang sehingga diharapkan sebagai materi baku industri parfum,obat-obatan, kosmetika, dupa, dan pengawet banyak sekali jenis asesoris serta untuk keperluan aktivitas keagamaan, gaharu sudah usang diakrabi bagi pemeluk agama Budha, dan Hindu.


Nilai kayu gaharu dikala ini ibarat jenis super king mencapai  Rp 30 juta/kg.Sedangkan kayu gaharu jenis super dihargai Rp21 juta hingga Rp 25 juta/kg, untuk harga kacangan berkisar Rp 3 juta hingga Rp 10 juta/kg dan untuk jenis teri Rp 400.000 hingga Rp 2 juta/kg.

Produk gaharu yang tersedia di pasaran berbentuk kayu, chips, dan bubuk. Minyak gaharu dihasilkan oleh kayu gaharu kulitas rendah. Namun, kualitas gaharu oleh pemerintah di bagi menjadi gubal, kemendangan dan abu. Riset kayu gaharu di Indonesia sudah dilakukan semenjak 15 tahun yang kemudian dan sekarang sudah ditemukan pohon gaharu terbaik yang sanggup tumbuh sekitar 5 cm/tahun untuk diameter batangnya.

Demikian pula untuk proses penyuntikan jamur benalu yang efektif sehingga pohon gaharu sanggup diambil seluruh batang dan akarnya. Proses penyuntikan dilakukan sesudah pohon gaharu berusia 6 tahun.
 
pohon gaharu gres sanggup dipanen sesudah 1-2  tahun proses penyuntikan. Hasil budidaya pohon gaharu diperkirakan berada di kelas teri masa panen 5 tahun seluruh bab pohon akan diambil dengan bobot 30 kg hingga 60 kg.

Sedangkan untuk menghasilkan kualitas kayu gaharu kelas super king gres sanggup dilakukan pohon gaharu yang berusia lebih dari 15 tahun. "Pendataan bibit pohon yang ditanam untuk menghindari kelebihan pasokan pada dikala panen,"tambahnya.

Pohon gaharu sanggup tumbuh dengan baik di tempat tropis dengan ketinggian 750 meter dari permukaan laut. Berdasarkan hasil penelitian beberapa forum pendidikan, pohon gaharu tumbuh dengan baik apabila tanah yang ditumbuhinya sanggup ditumbuhi pohon berkayu keras. 

Berikut ini beberapa  manfaat yang sanggup diambil dari kayu gaharu
  • kaya gaharu sebagai materi baku Dupa (makmul) dan Hio dan sanggup dijadikan sebagai materi untuk aroma terapi
  • kaya gaharu sebagai materi baku obat-obatan dan minyak wangi/parfum
  • kaya gaharu sebagai materi baku pembuatan minyak gaharu, Sabun, Shampo Yang Harum Semerbak dan banyak sekali produk kecantikan
  • kaya gaharu sebagai materi baku kerajinan dan ukiran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah