Jabon Peluang Perjuangan Menguntungkan


Pohon Jabon Anthocephalus cadamba

Pohon Jabon yakni peluang usaha dan investasi menguntungkan, merupakan tumbuhan materi baku industri yang sangat berkualitas bahkan jikalau dibandingkan dengan tanaman/pohon albaziah atau sengon. yang dikala ini masih merupakan materi baku dasar yang umum dipakai pada industri-industri kayu olahan, seperti: plywood, blockboard, particle board, sampai peti kemas.
Dibandingkan dengan jenis-jenis kayu yang lain, kayu jabon merupakan jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat, berbatang silinders dan lurus, kayunya berwarna putih kekuningan tanpa terlihat serat, yang sangat baik dipergunakan untuk pembuatan kayu lapis maupun kayu gergajian.
Pohon Jabon usia 5-7 tahun
Jabon Antocephalus Cadamba Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan sanggup tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :Ketinggihan 10-2000m dpl, Curah hujan 1250-3000m/th, Perkiraan suhu 100 C 400 C, Kondisi tanah dengan PH 4,5 7,5.

Jabon Anthocephalus cadamba Merupakan satu diantara jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan sanggup tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 1000 m dpl.

Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, lantaran Jabon mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan tumbuhan kayu lainnya termasuk sengon/albazia. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, keunggulan tumbuhan jabon sanggup diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya adalah:
1. Diameter batang sanggup tumbuh berkisar 10 cm/th
2. Masa produksi jabon yang singkat hanya 4 5 tahun
3. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
4. Tidak memerlukan pemangkasan lantaran pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri self pluring.
Bentuk Kayu Jabon
Kayu jabon Anthocephalus cadamba lebih elok daripada kayu lainnya, tekstur lebih halus, bentuknya silinder lurus, berwarna putih kekuningan dan tidak berserat, batang gampang dikupas, lebih gampang dikeringkan atapun direkatkan dan tidak cacat, Arah serat terpadu, permukaan kayu mengkilap, kayu jabon juga sudah terbukti keawetannya atau daya tahannya.
Batang Jabon
Ciri dan karakteristik batang jabon yakni : Permukaan kayu licin serta arah tegak lurus, berwarna putih kekuningan menyerupai meranti kuning, batang gampang dikupas, dikeringkan, direkatkan, bebas dari cacat mata kayu dan susutnya rendah.
Keunggulan Jabon Antocephalus Cadamba
Jabon mempunyai beberapa keunggulan di bandingkan dengan tumbuhan kayu rimba lainnya. Selain daya tumbuhnya yang sangat cepat, tingkat kelurusannya juga tinggi, berbatang silinder dan cabang yang ada pada masa pertumbuhan akan rontok dengan sendirinya ketika pohon meninggi. Sifat ini menguntungkan lantaran tidak memerlukan pemangkasan. Kayunya berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat serat sangat baik dipergunakan untuk pembuatan kayu lapis playwood, mebeler, materi bangunan non kontruksi, maupun kayu gergajian, tumbuhan Jabon menpunyai usai optimal berkisar 12 tahun tetapi pada usia 6 8 tahun sudah sanggup di tebas 30 up.
Penanaman dan Perawatan Jabon
Jabon merupakan tumbuhan yang gampang tumbuh dan berkembang tidak memerlukan perlakuan khusus dalam budidayanya, dan tergolong tumbuhan yang tahan terhadap hama penyakit.
Pertumbuhan Jabon
pertumbuhan Jabon sangat cepat dibandingkan dengan kayu keras lainnya termasuk bila dibandingkan dengan sengon albazia, Jabon tergolong tumbuhan pionir sebagaimana sengon. Ia sanggup tumbuh di tanah liat, tanah lempung podsolik cokelat, atau tanah berbatu. Sejauh ini jabon bebas serangan hama dan penyakit, termasuk karat tumor yang sekarang banyak menyerang sengon.
Nilai Ekonomi Jabon
Budidaya tumbuhan jabon akan memperlihatkan laba yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar, dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tumbuhan jabon sehabis dipanen pada usia 5-6 tahun dengan perkiraan harga terendah dan batang terkecil, pada setiap batang jabon diperoleh Tinggi batang yang sanggup terjual rata-rata 12 m Diameter batang rata-rata 40 sampai 50cm   maka tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang sanggup dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan harga perkubik dikala ini Rp 1.000.000,- Makara harga 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000.
Pemasaran Log Jabon
Karena jenisnya yang berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat seratnya, sangat diharapkan pada industri kayu lapis playeood.meubelair dan materi bangunan non kontruksi, sehingga dalam pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan kami telah melaksanakan kerjasama dengan industri kayu lapis yang siap untuk membeli setiap dikala dalam jumlah yang tidak terbatas.
Harga kayu jabon perkubik pada tahun 2009 :
1.middle 30-39 Rp 1.000.000
2.middle 40-49 Rp 1.100.000
3.middle 50 up Rp 1.200.000
Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / undangan yang tinggi, sedangkan penyediaan kayunya semakin terbatas.
Industri Yang Menyerap Kayu Jabon
banyak sekali penyerap kayu jabon diantaranya kayu lapis, industri mebel, pulp, mainan anak-anak, peti buah, ganjal sepatu, korek api, tripleks, mebel, materi bangunan non konstruksi, dan banyak lagi yang lainnya. kayu jabon juga gampang dibentuk vinir dengan sudut kupas 920 ketebalan 1,5 mm.
Peluang Investasi Jabon
Menanam jabon bagaikan menanam emas, alasannya yakni kebutuhan kayu akan terus meninggi, lantaran dikala ini pemerintah melarang penggunaan kayu lingkaran hasil tebangan hutan alam, akhirnya banyak industri tutup jawaban kekurangan pasokan kayu, jadi pada masa mendatang, harga kayu jabon akan semakin meningkat terus.(pekalongankab.go.id)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah