Mudahnya Budidaya Sawi Daging (Pakcoy), Dijamin Ciamik!

 Pakcoy merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari marga sawi dari negeri China, yang menjadi pembeda antara pakcoy dengan sawi lain yaitu batang yang mempunyai tekstur lebih lunak, dan juga tinggi tumbuhannya lebih pendek serta daunnya yang cukup lebar.

Lalu bagaimana cara untuk membudidayakan pakcoy tersebut? Nah bagi Anda yang berminat untuk menanam dan merawatnya, berikut langkah/tahapan yang wajib Anda terapkan :

Langkah budidaya pakcoy dimulai dengan memilih benih dari toko bibit. Benih termasuk aspek penentu kesuksesan dalam perjuangan ini. Benih yang cantik mempunyai ciri berbentuk bundar kecil-kecil serta tekstur permukaan yang licin dan mengkilap serta tidak mengecewakan keras, kulit benih berwarna coklat kehitaman. Benih yang sudah terpilih wajib mempunyai mutu yang bagus, ketika pembelian bibit wajib perhatikan pada waktu penyimpanan, kadar air, varietas, suhu serta ruang menyimpannya.

Sesudah bibit ready, tahap berikutnya yakni langkah pembibitan. Caranya, sediakan media tanam yakni bedengan menggunakan ukuran 1 meter persegi kemudian berikan pupuk lebih dulu yakni pupuk sangkar sekitar 10 kg, pupuk urea sekitar 20 gram, pupuk TSP sekitar 10 gram, serta pupuk KCL sekitar 7,5 gram.

*Jangan Lupa Baca Juga : Tips Jitu Cara Budidaya Sayuran Hidroponik, Yang Wajib di Coba!

Langkah pembibitan dikerjakan menggunakan cara benih ditabur ratakan di semua bab media tanam menggunakan dosis sekitar 750 gram benih per 1 hektar area/lahan, kemudian ditutupi tanah lagi.

Tahap penyiraman dikerjakan menggunakan mensprayer tiap hari serta setelah tumbuhan sawi mempunyai umur 3 ahad kemudian siap dipindah ke bedengan menggunakan jarak 20 cm x 20 cm tiap jarak antar bibit.

Sesudah bibit ditanam kerjakan langkah perawatan dan pemeliharaan, mencangkup tahap penyiraman, penyulaman, penjarangan, pencucian dari hama gulma, serta pemupukan tambahan.

*Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Sawi Hidroponik Supaya Hasil Panen Lebih Optimal


Ketika berumur 40 hari tubmuhan sawi pakcoy ini telah sanggup dipanen. Pemanenan sanggup dikerjakan di tiap satu rumpun sawi yang berisi 2-3 anakan. Tips dan caranya yakni dengan mencabut tumbuhan hingga akarnya serta berikutnya lakukan tahap rotasi tanam, dengan mengganti yaitu jenis sayuran selain tumbuhan sawi semoga tak simpel terkena hama penyakit. Panen sanggup dikerjakan tiap 1 ahad sekali, pada ketika masa panen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah