Tips Jitu Cara Budidaya Sayuran Hidroponik, Yang Wajib Di Coba!


Sayuran ialah nama untuk materi dasar pangan, berasal dari flora yang umumnya memiliki kandungan air tinggi serta dikonsumsi dikala kondisi segar maupun setelah diproses secara minimal. Nama umum pada aneka ragam jenis sayuran sering disebut dengan sayur-sayuran ataupun sayur-mayur. Beberapa sayuran sanggup dikonsumsi belum masak tanpa diolah lebih dulu, selain itu yang lainnya wajib diproses terlebih dulu dengan digoreng, direbus, dikukus, maupun disangrai. Sayuran berupa bentuk daun yang dikonsumsi mentah sering disebut dengan lalapan.

Teknik gres hidroponik sanggup jadi alternatif andalan Anda. Beragam jenis sayuran dengan mudah sanggup dikembangkan dengan hidroponik, guna pengaplikasiannya sanggup menggunakan paralon. Teknik hidroponik ini sanggup dilakukan semua orang alasannya yakni amat gampang. Tumbuhan sanggup ditaruh dimana saja, yang terpenting dikala hujan flora tak terkena hujan. Jika terkena hujan, kandungan nutrisi bakal jadi makin encer dari yang semestinya.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Sawi Hidroponik Supaya Hasil Panen Lebih Optimal

Seperti yang telah diketahui bila guna perkembangannya, flora membutuhkan cahaya matahari. Satu hari flora minimal memerlukan 5 jam pencahayaan serta sinar yang cukup, namun menggunakan intensitas cahaya yang sedikit atau rendah. Cahaya matahari yang cukup terik amat tak baik untuk tumbuhan. Tumbuhan yang pas ditanam pada teknologi ini ialah flora sayur-sayuran daun ibarat rujukan : kangkung, selada, caisim, pakcoy, bayam, serta lainya. Berdasarkan standar FAO, keperluan sayuran ialah 65 kg/kapita/tahun. Dan juga jumlah konsumsi sayuran rata-rata masyarakat Indonesia ialah gres sekitar 34,5 kg/kapita/tahun. Penjelasan singkat dibawah mungkin sanggup membantu Anda biar lebih mudah mendalami teknik secara hidroponik mudah ini, berikut ulasannya :

1. Alat & Bahan Yang Dibutuhkan

- Teknik hidroponik guna bercocok tanam sayuran, sanggup terbuat dari paralon gres maupun bekas
- Media untuk penanaman yakni Rockwool. Rockwool dibentuk dari beberapa batuan volcanic yang di panaskan jadi terbentuklah serat-serat yang disebut Rockwool. Media tumbuhan ini steril dan terbebas dari sumber penyakit, hama, serta gulma

*Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Tomat Hidroponik Menggunakan Botol Bekas

2. Teknik Mudah Budidaya Sayuran Secara Hidroponik

- Pertama benih sayur. Beragam jenis sayuran daun sanggup di tanam menggunakan teknik ini. Contohnya selada, kangkung, caisim, pakcoy serta lainnya.
- Nutrisi hidroponik yang terkandung alasannya yakni pada sistem hidroponik, flora memperoleh unsur hara yakni dari larutan, jadi larutan itu wajib memiliki nutrisi yang cukup.
- Lalu semai benih ke dalam media tumbuhan yang telah disediakan. Tentukan dan pilih benih yang berisi. Pakai pinset. Benih ditanamankan ke media tumbuhan dengan dalam sekitar 2-5 mm
- Tahap penyiraman benih yang telah disemai kemudian disiram sampai media tanam jadi basah. Gunakanlah air bersih, sebelum menggunakan pupuk.
- Lalu kit menggunakan plastik sekitar 3-5 hari. Fungsinya supaya media menjadi lembab serta hangat jadi perkecambahan bakal lebih gampang. Benih bakal muncul kecambah setelah 3-5 hari. Isikan hidroponik kit menggunakan larutan nutrisi sampai terkena bawah dari pecahan media tanam. Hidroponik kit wajib ditaruh di area yang datar, memperoleh cahaya matahari serta lebih baik jangan terkena air hujan. Jika nutrisi berkurang, berikan lagi yakni larutan nutrisi. Sesudah 30 hari, sayuran sanggup dipanen, bergantung pada macam jenis sayuran serta cahaya matahari. Teknologi ini amat sedikit perawatan.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sayuran
http://www.tipsberkebun.com/teknik-sederhana-bercocok-tanam-sayuran-hidroponik.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah