Inilah Laba Penggunaan Plastik Sungkup Dalam Pembibitan Lada Solor


Fungsi plastik sungkup yaitu pengganti rumah beling tetapi ukurannya lebih kecil sehingga sanggup menaungi jumlah bibit tertentu atau ukuran bedengan tertentu. Produk ini diciptakan dengan berbentuk melengkung menyerupai setengah lingkaran. Umumnya, produk ini diaplikasikan dengan lembaran plastik (plastik film)  sebagai epilog tumbuhan dari sinar matahari atau air hujan atau bisa juga di tutup dengan kain jala untuk melindungi tumbuhan dari serangan hama.

Naungan type ini sangat gampang untuk dipindah-pindah. Ukuran plastik yang dipakai diubahsuaikan dengan ukuran tumbuhan yang akan disungkup. Plastik ini hanya sanggup dipakai maksimal dua kali masa pakai. Hal ini disebabkan nilai sterilitas plastik sudah jauh berkurang. Plastik yang tidak steril sanggup menimbulkan tumbuhan gampang terjangkit busuk.
*Jangan lewatkan Manfaat Lain Plastik UV Untuk Kolam Ikan

Apakah Dalam Pembibitan Lada Solor, bibit harus disungkup? Artikel kali ini membahas mengenai penggunaan sungkup (naungan) pada proses pembibitan lada solor. Pembahasan ini dirangkum dari lembaga diskusi petani. Apa fungsi penggunaan sungkup? apa keuntungannya disungkup? dan bagaimana kalau tidak disungkup?

Kegunaan utama dari kultur jaringan atau sungkup yakni untuk mendapat tumbuhan gres dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat, yang memiliki sifat fisiologi dan morfologi sama menyerupai induknya. Dengan penerapan kultur jaringan atau sungkup ini diperlukan juga diperoleh tumbuhan gres yang bersifat unggul.

Sungkup lebih sering dipakai pada teknik grafting atau sambung pucuk / tunas. Selain berfungsi untuk menjaga kelembaban udara juga berfungsi untuk melindungi tumbuhan yang terluka (sel-sel terbuka) patogen penyebab penyakit tidak akan memasuki tempat tersebut asalkan steril.

Makara dalam pembibitan lada solor dengan teknik stek, apakah sehabis bibit ditanam dalam polybag kemudian disusun kemudian harus disungkup? apakah bibit lada akan bisa tumbuh dengan baik?

Seperti yang sudah banyak dipraktekkan di wilayah Jawa, bibit yang disungkup bisa hidup sekitar 90%, tapi kalau tidak disungkup paling cuma hidup berapa persen saja. Kalau disungkup itu baha/entres itu tetap segar, dan kalau sudah tumbuh tunas gres maka tidak layu.
*Info harga terupdate perihal plastik sungkup bisa Anda klik DISINI

Makara sanggup disimpulkan Fungsi & Manfaat Sungkup Plastik, antara lain :
- Pemanfaatan sungkup plastik ini sanggup menurunkan suhu & meningkatkan kelembaban udara.
- Plastik sungkup bisa menimbulkan kadar lengas tanah lebih baka maka ketersediaan air bagi tumbuhan lebih maksimal, sehingga pertumbuhan tumbuhan bisa lebih baik.
- Plastik Sungkup Sanggup menghalangi serangan hewan/serangga pengganggu tanaman.

Demikian pembahasan Fungsi Penggunaan Sungkup Dalam Pembibitan Lada Solor, agar sanggup bermanfaat bagi teman tani sekalian. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah