Produksi Garam Lebih Maximal Dengan Tenda Prisma Plastik Uv

Negara Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai kelautan yang luas namun produksi garam diindonesia hanya sebatas untuk dikonsumsi. Dalam pasar industri garam Indonesia masih jauh dari standart dan kalah bersaing alasannya ialah kualitas yang rendah. Hal ini sangat disayangkan apalagi indonesia tersohor dengan negara maritim.

Sudah banyak para pakar hebat yang menerapkan aneka macam metode untuk meningkatkan produksi dan kualitas garam diindonesia, berikut ialah metode pembuatan garam yang ada di indonesia :

Cara Pembuatan Garam Secara Konvensional

1. Mengalirkan Air Laut ke Tempat yang Luas
Tempat yang luas (biasanya sepetak tanah yang sudah dipersiapkan khusus), kawasan ini dipakai untuk menampung air bahari yang akan menguapkan air laut. Air dimasukkan kedalam kawasan ini dengan ditimba mengaplikasikan jerigen atau dengan memanfaatkan pasang surut air laut.

Apabila mengaplikasikan cara pasang surut air laut, tanah diposisikan tidak terlalu tinggi dari air laut. Ketika air sedang pasang, epilog dibuka semoga air bisa masuk ke dalam. Apabila air sedang surut, maka epilog air ditutup semoga air bahari terjebak di dalamnya.
*Baca juga Plastik LDPE (Geomembran) Untuk Alas Tambak Ikan & Garam

2. Menjemur di Bawah Terik Matahari
Air yang sudah terkumpul pada sepetak tanah, dijemur di bawah teris sinar matahai semoga air bahari bisa menguap dan menyisakan butiran-butiran kristal yang akan menjadi garam.

3. Proses Pemanenan
Penguapan air bahari akan menyisakan garam yang akan kita panen. Petani garam tinggal mengumpulkan dan mengamilnya untuk bisa dipanen dan dijual di pasaran.

Cara Membuat Garam dengan Teknologi Ulir Filter (TUF) Geomembran

Cara menciptakan garam dengan metode TUF menjadi alternatif untuk mendapat garam dengan kualitas anggun dengan kadar garam diatas 90%.

Prinsip utama dari teknologi ini ialah mempercepat proses pembuatan air bau tanah (20° Be) dengan memperpanjang pedoman air serta tetap mempertahankan kebersihan air dan meja hablu/meja garam. Proses menjaga kebersihan air dilakukan dengan memasang filter pada jalan masuk air dan memasang terpal hitam pada meja hablur.

Menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan (KPK) dari pengkajian dengan melaksanakan modifikasi pada sistem pertanian garam dengan cara TUP bisa meningkatkan produktivitas sampai 100%.

Terbukti, cara menciptakan garam dengan mengaplikasikan metode UTF bisa meningkatkan produktivitas menyerupai yang terjadi di Jawa Barat yaitu Cirebon, Indramayu dan Karawang. Petani yang awalnya hanya bisa menghasilkan 60-80 ton garam sekali panen, sekarang bisa menghasilkan 120-140 ton garam dalam per hektar.

Tambak Garam Dengan Tenda Prisma Dengan Plastik UV Protector
Petani garam selalu bergantung pada musim. Saat ekspresi dominan hujan atau kemarau basah, bisa dipastikan hasil garam akan menurun. Sedangkan dengan penemuan rumah garam prisma, petani garam tak lagi harus bergantung pada musim. Petani garam bisa panen garam setiap hari tanpa harus menunggu ekspresi dominan berpihak pada petani.
*Untuk isu harga Plastik UV Protector bisa Anda cek DISINI

Dengan mengaplikasikan metode tenda prisma panas dalam ruangan juga terjaga dikala malam hari sehingga panen garam semakin cepat, plastik geotermal ini juga sanggup menstabilkan dan meratakan panas matahari yang menciptakan garam lebih berkualitas. Untuk atap tenda prisma petani bisa mengaplikasikan plastik uv,sedangkan untuk bantalan petani sanggup mengaplikasikan plastik LDPE.seperti pada gambar dibawah ini :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah