Budidayanya Sederhana, Namun Hasil Panen Melimpah!!

Lada atau Merica adalah flora yang dikembangbiakkan lewat biji, tetapi banyak pula petani yang menentukan menerapkan langkah penyetekkan guna mengembangkannya. Para petani tersebut, memangkas pada batangnya sepanjang 0,25 – 0,5m.

* Pengolahan Lahan Merica

– Cangkuli area lahan dengan kedalaman 30 cm hingga tanah gembur.
– Tanah yang mempunyai pH dibawah 5, berikan kapur dolomite sekitar 500 kwintal di area lahan kemudian biarkan sekitar 4 ahad sebelum ditanam.
– Tabahkan pupuk sangkar yang sudah melalui proses fermentasi, guna menambah tingkat suburnya lahan, serta biarkan kembali sekitar 2 ahad supaya nutrisi tercampuraduk secara tepat pada dalam lahan.

* Penanaman Merica

– Cara menanamnya sanggup dikerjakan menggunakan sistem monokultur atau tumpangsari menggunakan jarak 2 x 2 meter antar tanaman.
– Buat lubang tanam dengan kedalaman 50 cm, bab bawah 40 x 15 cm, dan atas berukuran 40 x 35 cm.
– Biarkan lubang tanam sekitar 2 ahad sebelum akan dimulai proses menanam.
– Saat yang tepat guna mengawali penanaman adalah di awal demam isu penghujan dikala pagi/sore hari guna menghindari panasnya matahari.
– Sesudah bibit ditanam, sebarkan pupuk kompos memekai takaran 100 gram selanjutnya sirami dengan air sesuai kebutuhan.

#Baca juga :

Mengupas Tuntas Cara Budidaya Tanaman Air (Aquascape) Secara Benar & Praktis! 


- Produksi Garam Lebih Maximal Dengan Tenda Prisma Plastik UV 


* Pemeliharaan Merica

– Penyiangan
Lakukan pencucian rerumputan dan gulma yang terdapat di sekeliling tanaman, kerjakan penyiangan secara rutin tiap 3 bulan sekali.

– Perempelan
Potong batang, ranting, atau dahan tumbuhan yang mati ataupun terserang serangan hama penyakit guna meremajakan tanaman.

– Pemupukan Susulan
Pemupukan susulan perlu dikerjakan guna menjaga nutrisi pada tanah suaya selalu terjaga. Kerjakan pemupukan susulan tiap 6 bulan sekali memekai pupuk sangkar maupun kompos.

– Penyiraman
Lakukan penyiraman rutin yaitu 1 hari sekali dan baut sistem drainase yang baik supaya dikala demam isu hujan datang, air tak menggenang pada lahan tanam.

* Pemanenan Merica

Pemanenan merica sanggup dilakukan dikala tumbuhan berumur 3 tahun. Ciri tumbuhan yang siap panen adalah tangkai biji ataupun buah sudah nampak menguning dan berwarna kuning kemerahan.

Sistem memanennya sanggup dengan cara mematahkan tangkai pada ketiak dahan pribadi menggunakan tangan. Jikalau cara budidaya merica Anda mengikuti langkah diatas, tumbuhan merica sanggup terus di panen hingga umur produktif kurang lebih sekitar 8-15 tahun, bergantung pada varietas bibit yang Anda gunakan dikala penanaman.

Jika Anda membutuhkan Plastik UV baik untuk peneduh tumbuhan maupun untuk pengeringan, kami siap melayani dalam quantity besar, dan barang READY! Cek harga plastik UV termurahnya klik DISINI. Call/sms/wa 085233925564-087702821277-081232584950

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah