Jadi Beginilah Cara Terbaik, Budidaya Kopi Dengan Gampang & Praktis!

Kopi ialah minuman hasil dari olahan biji kopi yang sudah disangrai serta dihaluskan jadi bubuk. Kopi termasuk potongan komoditas tumbuhan di dunia yang sudah dibudidaya sekitar 50 negara lebih. Ada 2 varietas jenis pohon kopi yang sudah terkenal secara umum yakni Kopi Robusta serta Kopi Arabika.

1. Pohon Peneduh

Beda dengan beberapa macam jenis lain pohon biji-bijian, kopi tergolong ke dalam Tanaman Pangan yang tak suka dengan cahaya matahari secara langsung. Sebab negara Indonesia itu tempat tropis yang selalu disinari matahari, jadi lebih vaik sediakan pohon peneduh dahulu untuk mediator pohon kopi dengan sinar matahari.

Seluruh macam jenis pohon yang sanggup tumbuh tinggi menjulang serta besar sanggup dijadikan pohon peneduh pada kebun kopi. Tetapi syaratnya, pohon itu perlulah mempunyai umur sekitar 2-4 tahun sebelum dijadikan pohon peneduh guna pohon kopi. Pohon yang agak kecil pastinya saja tak sanggup berfungsi optimal untuk dijadikan perlindungan.

2. Ketinggian Tempat

Langkah budidaya kopi selanjutnya ialah menyediakan lahan. Pertama bersihkanlah lahan dari tumbuhan gulma yang ada, semisal rumput serta semak-semak, kemudian potongan rerumputan tersebut sanggup dimanfaatkan untuk pupuk alami. Caranya ialah dengan menimbunkan dedaunan, semak, serta rerumputan tadi sekitar 2 tahun sebelum tahap penanaman kopi tiba, supaya tanah sanggup subur secara benar dan baik.

BACA JUGA

Cara Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan 

Penggunaan Insect Net atau Insect Screen Ternyata Sangat Menguntungkan!! 

Rahasia Sukses Berkebun Dengan Minim Biaya Perawatan 

7 Keuntungan yang Akan Dirasakan Jika Menggunakan Greenhouse Untuk Pertanian


3. Tanah Lahan

Setelah memanfaatkan daun-daun serta rerumputan untuk sumber pupuk awal, sebelum memasuki masa tanam lebih baik Anda sediakan lagi tanah supaya lebih maksimal hasilnya. Tipsnya ialah buatlah lubang tanam yang rapi, kemudian campurkanlah pupuk kompos dengan sebagian tanah galian serta masukkan lagi kedalam lubang tanam selaras dengan bibit kopi yang sudah disiapkan.

4. Perawatan & Pemeliharaan

Diawal masa pertumbuhannya, pohon kopi memerlukan perawatan yang ekstra. Rutinlah memperhatikan lahan Anda, ditakutkan terjadi sesuatu dengan pohonnya. Saat pohon kopi telah masuk umur panen awal, yaitu kira-kira 4-6 bulan selepas masa tanam, umumnya biji kopi yang tumbuh bakal lebih sedikit dari batas standar.

Faktor ini umum terjadi ketika awal panen, serta Anda tak perlu risau. Hasil panen yang melimpah sanggup Anda peroleh mulai dari masa panen sekitar ke 7-9. Bahkan bahu-membahu pohon kopi sanggup bertahan hidup sampai 10 tahun, bila dirawat dan dijaga dengan benar serta baik.

5. Masa Pemanenan

Untuk kopi tertentu semisal Arabica, mempunyai biji ataupun buah yang praktis rontok ketika telah masak. Namun, biji kopi yang sudah rontok bakalan berkurang kualitasnya. Oleh alasannya yaitu itu, kalua Anda ingin mencoba menanam kopi Arabica, perlu lebih teliti serta rutin memanennya, beda halnya dengan kopi Robusta yang mempunyai buah melekat pada potongan luar tangkai walaupun setelah matang.

Untuk pengeringan kopi supaya lebih cepat kering tanpa merusak kualitas kopi tersendiri, Anda sanggup memakai Plastik UV 6%. Info selengkapnya sanggup menghubungi 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950. Info harga sanggup pribadi cek DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah