Trik Sukses Budidaya Buah Sirsak Agar Cepat Berbuah Lebat Dan Berkualitas


Buah sirsak yeitu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, tak hanya mempunyai rasa yang manis serta buah yang fresh, buah sirsak ini mempunyai kandungan gizi yang begitu bermanfaat untuk tubuh. Buah sirsak umumnya berwarna hijau gelap apabila sudah matang. Kulit buah mempunyai struktur licin dengan adanya banyak duri yang ada pada permukaannya. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah rimba hujan yang menyebar di semua Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Meskipun awalnya tanaman ini yaitu tanaman liar, sekarang ini tanaman sirsak sudah dibudidayakan dengan luas di kelompok masyarakat.

Penentuan Lahan

Pada umumnya bagian ini yaitu bagian yang harus di perhatikan ketika akan melaksanakan budidaya, karena apabila anda menginginkan memperoleh hasil yang maksimum serta sesuai dengan apa yang Anda inginkan, disarankan supaya anda pilih tempat yang mempunyai tingkat kesuburan tanah yang cukup baik, mempunyai ketersediaan air yang baik dan mempunyai kandungan Ph tanah yang baik serta subur.

Sistem Pembibitan

Sistem ini yaitu proses yang tak kalah pentingnya dari sistem yang lain, karna pembibitan yaitu hal yang juga akan memengaruhi hasil yang juga akan Anda peroleh, karena itu Anda harus lebih cermat dalam pilih bibit unggul serta paling baik yang juga akan Anda pakai dalam budidaya ini. Bibit sirsak bisa diperoleh melalui proses persemaian biji sirsak atau lewat tehnik pencangkokan. Anda harus juga memerhatikan jarak tanam baik pada pohon sirsak yang 1 dengan yang lainnya. Jarak yang baik ketika membudidayakan buah sirsak yaitu 3m x 4m atau 4m x 6m. Tergantung dari varietas sirsak yang dibudidayakan dan ukuran tempat.

Perawatan Sirsak


Supaya budidaya buah sirsak ini bisa berjalan dengan baik serta tanaman sirsak bisa tumbuh dengan maksimal, anda harus tetap melaksanakan sistem perawatan dengan teratur dan rutin pada tanaman. Melindungi kesuburan tanah dan pelihara tempat dengan baik yaitu begitu perlu untuk melindungi kualitas buah sirsak yang dibuat. Pastikan daerah sekitar pangkal pohon terlepas dari gulma. Anda harus juga memerhatikan pengairan tempat karna sirsak yaitu tanaman yang begitu rawan pada kondisi kering.

Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk ini dikerjakan dengan tujuan mempercepat serta melindungi perkembangan sirsak supaya tetap tumbuh dengan baik dan juga akan menghasilkan buah yang anda harapkan. Anda bisa memakai pupuk kandang atau pupuk NPK dengan dosis kecil yang bisa diberikan sekian kali dalam kurun waktu 1 tahun. Memotong cabang pohon sirsak juga diperlukan untuk melindungi kualitas tanaman sirsak ini.

Baca Juga :

Pemberantasan Hama

Hama yaitu masalah paling utama yang bisa menyebabkan kerusakan tanaman yang pastinya juga akan beresiko pada hasil buah yang juga akan anda panen, karenanya anda harus juga tetap melaksanakan pengawasan serta pembasmian hama pada tanaman sirsak ini, supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik serta berbuah yang baik juga. Cara untuk melaksanakan pemberantasan hama serta pengendalian hama pada budidaya sirsak ini yaitu dengan membungkus buah sirsak memakai kantung plastik atau kertas untuk melindunginya dari hama lalat buah.

Pemanenan

Buah sirsak yang sudah siap dipanen yaitu apabila sudah berumur di atas 2 - 3 tahun tergantung memakai cara stek batang atau melalui biji secara generatif, karena pada usia ini umumnya tanaman sudah mulai berbunga serta banyak buah yang diproduksi di batang tanamannya. Ciri-ciri buah sirsak yang sudah matang yaitu apabila dipencet buahnya cukup empuk, kulit buahnya menyerupai duri-duri berwarna kuning kehijauan. Pemanenan buah sirsak bisa dipetik manual dengan tangan, buah yang sudah dipetik kemudian dimasukan ke dalam keranjang buah.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk penyemaian atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah