Bagaimana Cara Tepat Menanam Pisang Cavendish di Kebun?

Jual Polybag Pertanian Awet - Lim Corporation

Pisang cavendish termasuk dari salah satu jenis hortikultura, yang sekilas mirip dengan pisang lokal di Indonesia yaitu pisang ambon, yang memiliki rasa manis sedikit asam, daging buahnya memiliki warna putih kekuningan dan tekstur dagingnya terasa lembut di lidah. Budidaya pisang cavendish juga terbilang gampang. Pisang cavendish memiliki kaya akan mineral, vitamin dan karbohidrat serta serat. Dengan kelebihannya tersebut, pisang cavendish banyak dicari oleh masyarakat sehingga menjadi sebuah peluang usaha budidaya pisang cavendish baik untuk pemasaran buah pisangnya, atau bisa juga jual beli bibit pisang cavendish.

Ciri-ciri Pisang Cavendish
Pisang cavendish mempunyai ciri yang khas dalam bentuk morfologinya dengan tinggi batangnya dari 2,5 - 3 meter, panjang tandannya dari 60 - 100 centimeter, berat tandannya rata-rata dari 15 sampai 30 kg, 9 - 13 sisir disetiap tandannya, pada setiap sisir ada sekitar 12 - 22 buah, untuk waktu proses panennya memerlukan sekitar 12 sampai 13 bulan.

http://bit.ly/hargapolybag

Budidaya Pisang Cavendish
Dibagian ini akan dijelaskan mengenai budidaya pisang cavendish dengan baik dan benar.

Persiapan Bibit Pisang Cavendish
Pisang ini dapat diperbanyak dengan cara vegetatif yaitu mengambil bagian pada induk dalam hal ini tunas anakan.

Syarat pembibitan :
Calon anakannya tingginya minimal 1 meter - 1,5 meter dan lebarnya 15 cm - 20 cm. Ambilah calon anakan dari induk yang memiliki buah sehat dan bagus. Memberikan perawatan dengan membuat sanitasi yang baik untuk bibit sebelum untuk ditanam dengan diberikan insektisida dengan dosisnya yaitu 0,5 - 1 %, kurang lebih dengan selama 10 - 15 menit, Setelah itu dikeringkan selama 1 - 2 jam supaya luka di calon bibit dari hasil pemotongan mengering. Hal ini berguna agar terhindar dari penyebaran hama dan juga penyakit yang menyerang calon bibit pisang Cavendish.

Pengolahan Tanah
Tujuan dari pengolahan tanah ini yaitu untuk mempertimbangkan dan menentukan jenis lahan tanam dan jenis pengolahan tanah yang digunakan sehingga nantinya pada proses dari budidaya tanaman pisang cavendsihnya dapat dengan maksimal.

Pengolahan Tanah Pisang Cavendish :
1. Membuat teras (petakan) dan saluran buangan untuk air. Pembuatan teras sangat diutuhkan supaya permukaan tanah miring. Lebar dari teras dapat disesuaikan dengan kemiringan tanah di area penanaman. Tujuan dari pembuatan saluran air ini merupakan untuk area tanam yang mempunyai kemiringan yang kecil dan tanahnya datar, Hal ini berguna untuk menghindari adanya genangan air yang berlebihan di area penanaman pisang.
2. Pengolahan tanah dapat digunakan alat manual misal cangkul atau mesin bajak. Untuk tanah dengan keasamannya yang tinggi pH <5,0 diberikan kapur yang dosisnya 300 kg/ha secara merata.
3. Pisang cavendish dapat ditanam pada tanah yang kering atau tegalan dan tanah persawahan atau lahan sawah. Waktu yang bagus untuk mengolah tanah ditanah yang kering yakni pada waktu diakhir musim kemarau, sementara untuk lahan persawahan sebaiknya di awal musim kemarau.

Persiapan Penanaman Pisang
Persiapan ini bermanfaat untuk menentukan dan memastikan waktu yang paling baik untuk penanaman. Perlu disesuaikan juga dengan kebutuhan dari permintaan pasar dengan waktu panennya.

Persiapan Tanam :
Waktu untuk menanam pisang ini dilakukan ketika akan musim hujan yaitu antara bulan september dan oktober. Membuat lubang untuk menanam yakni dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm, jarak tanamnya yaitu 3 meter x 3 meter. Pembuatan lubang ini dilakukan dengan manual menggunakan cangkul. Perhatikan juga pada kondisi cuaca, saat curah hujan tinggi dapat menjadi halngan dalam membaut lubang tanam.

BACA JUGA:

Maintenance atau Pemeliharaan
Tanaman pisang cavendish penting pemeliharaan yang maksimal untuk mendapatkan buah yang berkualitas, tidak rusak, terhindari dari serangan penyakit dan hama. oleh sebabnya, pemeliharaan sangat penting untuk diperhatikan sebab menjadi tolak ukur keberhasilan budidaya pisang ini.

Pemeliharaannya meliputi berikut ini:

Perampalan dan Penjarangan
Penjarangan berfungsi untuk mengukur jumlah anakan untuk 1 rumpun yang terdiri 3 - 4 batang, meminimalisir tingkat persaingan unsur hara pada 1 rumpun. Perempalan berfungsi untuk menjaga saluran air dan kebersihan kebun dengan memotong daun atau pelepah yang telah kering.

Penyiraman dan Pengairan
Pengairan berfungsi untuk mempertahankan ketersediaan air di area penanaman, karaena pisang dapat memproduksi dengan maksimal dengan memperbaiki sanitasi atau saluran pembuangan air. Penyiraman dilakukan dengan mengisi atau memberikan saluran air yang beda di antara barisan tanaman pisang. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan mesin pompa air tergantung dari ketersediaan air.

Pembumbunan dan Penyiangan
Penyiangan berfungsi untuk menghilangkan gulma atau rumput liar yang umum tumbuh di area tanam yang berpotensi menjadi pesaing untuk tanaman pisang dalam mendapatkan unur hara. Penyiangan dapat dilakukan dengan manual menggunakan cangkul atau parang, dapat juga menggunakan mesin pemotong rumput dan menggunakan zat kimia seperti pestisida/ herbisida. Penyiangan dilakukan dengan melihat adanya gulma, apabila sudah mengancam tanaman utama, dapat dengan langsung melakukan penyiangan. Sementara pembumbunan berfungsi untuk menggemburkan tanah. Pembumbunan dilakukan bersama dengan mengerjakan penyiangan.

Pemberian Mulsa dan Pemupukkan.

Pemberian mulsa berfungsi supaya penguapan air tanah berkurang dan mencegah pertumbuhan gula dengan mengambil daun-daun kering pada sekitaran rumpun. Untuk pemupukan berfungsi untuk menjaga adanya unsur hara pada tanah baik makro atau mikro dengan menggunakan bahan organik atau anorganik. Pemupukan dilakukan dua kali selama masa tanam dosis pemupukannya 207 kg urea, sp 36 150 kg, kcl 200 kg untuk 6 bulan. Pupuk ditempatkan dalam larikan dengan mengelilingi rumpun tanaman.

Perawatan Buah
Setelah sisir pisang akan terlihat mengembang dengan sempurna, yang harus dilakukan adalah membungkus tandan pisang dengan menggunakan kantong pelastik yang transparan. Pilih kantong plastik yang transparan dengan berbahan polietilen ukuran 14 - 45 cm, tebalnya 0,5 - 1 mm, dibuat lubang dengan diameter 1,25 cm. Hal ini dikerjakan untuk terhindar dari serangan hama contohnya tupai dan kelelawar.

https://bit.ly/2dWljly

Panen Pisang Cavendish

Umur Panen Pisang
Umumnya pada umur 1 tahun pisang sudah berbuah. Untuk menentukan proses panen pisang cavendish ditentukan dari bentuk buah dan umur buahnya. Ciri khasnya saat panen adalah keringnya daun bendera. Buah yang telah waktunya untuk dipanen antara 80 - 100 hari.

Cara Panen Pisang
Buah pisang Cavendish dipanen dengan tandannya, panjang tandan sekitar 30 cm dari pangkal sisir teratas dengan menggunakan pisau tajam. Panen dilakukan 3 - 10 hari sekali bagaimana pengaturan dari jumlah tanamannya.
Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah