Tinggalkan Pestisida dan Mulailah Beralih ke Bahan Alami

Jual Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Tahukah Anda bahwa ada cara mengatasi hama secara alami tanpa menggunakan pestisida? Bahkan ternyata bahan-bahan yang digunakan sebagai pengganti pestisida relatif mudah ditemukan dan sudah kita gunakan pada kehidupan sehari-hari. Serangan dari hama memang sangat menjengkelkan, terlebih bila hal tersebut terjadi ketika kita akan memetik hasil panen dari apa yang sudah kita tanam selama ini.

Hama menyerang dengan tanpa pandang bulu, baik itu tanaman hias ataupun tanaman buah semua berpotensi mengalami serangan apabila tidak dirawat dengan baik. Selain itu, penggunaan pestisida yang berlebihan juga sering kali menimbulkan efek negatif baik bagi tumbuhan juga lingkungan sekitar. Apabila Anda berminat untuk mengetahui bahan-bahan alami apa saja yang dapat dipakai sebagai pengganti pestisida. Selain ramah lingkungan, penggunaan pestisida alami juga bisa menghemat pengeluaran.

Cara Mengatasi Hama Tanpa Pestisida

Jenis - jenis hama yang dapat diatasi dengan pestisida alami ini yakni hama kutu putih, kutu kuning, embun jelaga, serangga misalnya semut dan belalang, sampai ulat putih. Berikut ini bahan-bahan alami yang digunakan :

http://bit.ly/hargapolybag

1. Balsam

Balsam biasanya digunakan untuk mengusir hama semut yang mendatangi pohon yang sedang proses berbunga atau sudah berbuah. Kehadiran semut ini akan mengganggu proses berkembangnya bunga bahkan bisa juga menggagalkan bakal buah. Anda hanya cukup mengoleskan balsem pada batang pohon maka dengan aromanya yang menyengat serta sensasi panas yang dihasilkan cukup ampuh untuk mengusir hama semut.

2. Kapur Sirih

Larutkan kapur sirih dengan air, kemudian semprotkan campuran tersebut pada batang atau daun yang sedang terserang hama. Tetapi perlu juga diperhatikan untuk tidak menyemprot kapur sirih pada tunas muda atau kuncup bunga. Bahan ini telah dikenal cukup efektif dalam membasmi hama semacam semut dan kutu putih yang sering kali menyambangi atau hinggap tanaman mangga dan jambu.

3. Kulit Telur

Ternyata telur mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan. Selain kandungan nutrisinya baik bagi tubuh, kulit telurnya pun dapat kita manfaatkan sebagai pengusir hama. Cara penerapannya pun sangat mudah, hanya dengan mensangrai kulit telur sampai berwana kehitaman, lalu tumbuk kulit telur tersebut sampai halus, kemudian taburkan pada sekitar tanaman. Kulit telur mempunyai khasiat sebagai pengusir hama seperti semut, hama kutu putih, juga serta embun jelaga yang akan merusak akar tanaman serta menghambat pertumbuhannya tanaman. Sementara itu, dengan kehadiran embun jelaga tentu akan merusak keindahan tanaman Anda.

4. Daun Pepaya

Jika Anda merasa terganggu dengan kehadiran hama belalang yang sangat senang menggerogoti tanaman sayur Anda, maka tidak perlu risau sebab tanpa menggunakan pestisida pun Anda akan mampu mengatasi serangan hama belalang ini. Caranya yakni dengan menggunakan campuran daun Pepaya yang sudah ditumbuk halus dengan air, komposisi yang pas untuk campuran ini yakni 1 kg daun pepaya untuk 1 liter air. Diamkan dengan waktu selama kurang lebih 2 hari, kemudian saring sarinya untuk disemprotkan pada tanaman yang terpapar oleh hama. Dengan hal ini tanaman sayur Anda akan terbebas dari paparan bahan kimia sekaligus terhindar dari serangan hama belalang.

BACA JUGA:
5. Daun Tomat

Daun tomat juga terbukti ampuh untuk menghindarkan tanaman dari serangan berbagai hama. Ada beberapa hama yang tidak menyukai aroma daun tomat yakni hama kutu kuning dan ulat yang sering bercokol di pangkal daun. Cara mengekstraknya sama dengan pengolahan pada daun pepaya, yakni dengan mencingcangnya kemudian direndam selama 24 jam. Komposisinya yakni 2 – 3 daun tomat untuk 2 gelas air, dan saat akan digunakan Anda bisa menambahkan 2 gelas air lagi sebelum disemprotkan pada tanaman.

6. Cabai

Serbuk cabai juga tidak disukai oleh hama, oleh karena itu Anda bisa menggunakan cabai sebagai campuran pada larutan semprot yang dibuat. Aroma cabai yang pedas dan menyengat telah terbukti efektif untuk mengusir berbagai hama yang mengganggu tanaman. Untuk memudahkan Anda menumbuk cabai, maka sebaiknya keringkan terlebih dahulu cabai-cabai tersebut sebelum dihaluskan.

7. Tepung Terigu

Hama ulat seringkali mendatangi tanaman sayur seperti pada tanaman kubis. Langkah yang sederhana dan sangat mudah dalam membasmi jenis hama ini yakni dengan cara menaburkan tepung terigu ke permukaan daun kubis. Ulat yang selalu menggerogoti daun kubis akan terganggu pernapasannya sebab tertutupi oleh serbuk tepung terigu tersebut, jadi lama kelamaan hama ulat tersebut akan mati dengan sendirinya. Setelah 2 hari, Anda bisa membersihkan permukaan daun dari tepung terigu dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan air.

8. Campuran Kapur Bangungan dan Oli Bekas

Cara ini telah terbukti efektif untuk mengusir hama ulat yang selalu mendatangi pohon buah Anda. Dengan cara mengoleskan campuran kapur bangunan dan oli bekas pada permukaan batang pohon yang menjadi jalur ulat menuju ke buah, kemudian beberapa saat kemudian Anda akan melihat bahwa hama ulat tersebut tidak akan datang lagi.

https://bit.ly/2dWljly

9. Bawang Putih

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengusir hama dengan media campuran bawang putih. Langkah pertama yakni kita dapat mencampurkan tumbukan dua siung bawang putih dengan dua sendok teh minyak tanah, kemudian diamkan selama 24 jam. Lalu beri tambahan 1/5 Liter air dan beberapa tetes sabun cair kemudian disemprotkan ke bagian tanaman yang terserang hama. Selanjutnya cara kedua yang lebih praktis yakni dengan menaburkan secara langsung cincangan bawang putih di sekitar area tanaman yang terserang hama, cara ini paling ampuh dan mudah diterapkan untuk membasmi hama serangga seperti hama semut.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah disebutkan diatas sangat disarankan sebagai langkah pertama untuk membasmi hama, sebab selain ramah lingkungan, pestisida alami ini juga dapat membuat tanaman menjadi sehat dan kebal untuk menghadapi serangan dari berbagai hama serta penyakit. Tinggalkan penggunaan pestisida yang berlebihan sudah saatnya kita terapkan supaya kelestrian lingkungan serta mutu tanaman seperti sayur atau buah konsumsi tetap terjaga dari paparan bahan kimia yang sudah jelas berbahaya bagi tubuh.
Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah