Trik Menanam Bunga Mawar Dengan Pot atau Polybag yang Baik & Benar


Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Mawar merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang memiliki nama sama antara tanaman dan bunganya, yakni bunga mawar. Sampai saat ini mawar masih banyak digemari, sebab tanaman ini mudah didapatkan, mudah ditanam serta mudah dalam perawatannya. Selain itu bunga mawar masih memiliki daya tarik sebab keindahannya serta keharuman aromanya yang khas. Tanaman mawar terdiri dari 100 spesies lebih yang sebagian besar tumbuh di bumi belahan utara yang hawanya sejuk. Meskipun tanaman mawar berduri tetapi banyak yang menyukai dan banyak ditanam sebagai tanaman hias yang menarik.

Menanam bunga mawar di dalam pot tidaklah sulit, yang terpenting ialah kemauan dan keinginan untuk belajar. Merawat tanaman bunga mawar juga mudah, sebab tidak memerlukan perlakuan khusus. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga tanaman supaya tidak kekurangan nutrisi dan air. Bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menanam bunga mawar?

Cara Menanam Bunga Mawar

BACA JUGA:

1. Persiapan Bibit Bunga Mawar

Langkah pertama dalam menanam bunga mawar ialah mempersiapkan bibit. Bila anda ingin praktis atau tidak memiliki cukup waktu anda bisa membeli bibit bunga mawar yang banyak dijual di tempat penjual bunga. Pilihlah bibit yang bagus, sehat dan tidak berpenyakit. Perbanyakan tanaman bunga mawar biasanya dilakukan dengan stek. Bila anda ingin membuat bibit sendiri, pilihlah batang bunga mawar yang sudah cukup tua. Potong dengan menggunakan pisau yang tajam dan bersih sepanjang kira-kira 10 cm. Siapkan media semai yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan media semai dengan cara diangin-anginkan selama kurang lebih 15 hari. Kemudian masukkan kedalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar tersebut secara hati-hati kedalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm kemudian masukkan stek secara hati-hati supaya kulitnya tidak rusak. Letakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung maupun hujan. Sebab bila kebanyakan air stek akan membusuk dan tidak tumbuh.

2. Persiapan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam bunga mawar dalam pot adalah campuran tanah, pasir dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1 : 4. Aduk sampai tercampur rata media tanam tersebut dan biarkan selama kurang lebih 15 hari. Pupuk kandang yang baik adalah pupuk yang sudah difermentasi atau pupuk kandang yang sudah lama (sudah matang).

Jual Polybag

3. Persiapan Pot Untuk Menanam Bunga Mawar


Pot untuk menanam bunga mawar bisa menggunakan pot tanah, pot semen, pot plastik atau juga polybag. Pilihlah pot yang memiliki drainase yang baik. Ukuran pot yang digunakan sesuaikan dengan selera anda. Namun jangan gunakan pot yang terlalu kecil, pilihlah pot dengan diameter minimal 25 cm. Jangan pula menggunakan pot yang terlalu besar, supaya anda tidak kesulitan bila ingin memindahkan tanaman bunga mawar ketempat lain.

4. Cara Menanam Bunga Mawar

Dasar pot diisi dengan kerikil atau pecahan genting supaya air mudah keluar dan media tanam tidak terlalu lembab atau becek. Diatasnya diisi dengan media tanam sebanyak setengah dari tinggi pot keseluruhan tersebut. Buka polybag pembibitan secara hati-hati supaya media tidak pecah. Kemudian bibit di letakkan ditengah-tengah pot dan tambahkan media tanam sampai media semai tertutup. Usahakan supaya pangkal batang tidak tertutup media tanam. Kemudian tekan – tekan media tanam secara perlahan supaya bibit bunga mawar dapat berdiri tegak dan tidak roboh saat disiram. Setelah penanaman selesai, siram tanaman dan letakkan pot pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau tempat yang terlindung supaya tanaman beradaptasi. Setelah kurang lebih dari satu minggu, perkenalkan tanaman bunga mawar dengan sinar matahari secara bertahap.


5. Perawatan & Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan dan pemeliharaan tanaman bunga mawar dalam pot meliputi penyiangan dan penyiraman. Siram tanaman tersebut seperlunya saja, bisa satu atau dua kali sehari. Penyiraman disesuaikan dengan kondisi media tanam. Jangan menyiram secara berlebihan, media tanam yang terlalu lembab akan menyebabkan akar tanaman bunga mawar membusuk dan mati. Penyiangan juga perlu dilakukan supaya tanaman bunga mawar tidak terganggu oleh rumput liar.

6. Pemupukan Tanaman Bunga Mawar Dalam Pot

Supaya tanaman tumbuh subur dan dapat berbunga, berikan pupuk sebagai sumber nutrisi. Pemupukan juga bisa menggunakan pupuk kandang, caranya dengan menaburkan segenggam pupuk kandang dipinggir pot. Usahakan pupuk kandang tidak menyentuh batang tanaman bunga mawar. Selain itu juga bisa dengan pupuk NPK, caranya bisa dilakukan bersamaan dengan penyiraman. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 5 liter air, kemudian kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan dapat dilakukan setiap 15 atau 20 hari sekali.


Demikian cara menanam bunga mawar dalam pot. Untuk menghemat pupuk, anda dapat memanfaatkan limbah dapur sebagai pupuk tanaman bunga mawar. Anda juga dapat menggunakan ampas teh atau air cucian beras(air leri) sebagai pupuk organik. Ampas teh yang sudah dingin ditaburkan disekeliling tanaman, sedangkan air leri bisa di aplikasikan dengan penyiraman atau penyemprotan kedaun tanaman. Semoga bermanfaat…

Polybag Tanaman Murah
Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah