10 Langkah Menanam Melon dalam Polybag di Halaman Rumah

Jual Plastik Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Melon merupakan tanaman yang menghasilkan buah dengan warna putih kehijauan hingga merah. Daging buah melon memiliki tekstur yang halus dan lunak, seringnya dinikmati untuk hidangan penutup, buah meja maupun dijadikan campuran es buah. Tumbuhan merambat yang menjalar dengan daun bentuk menjari juga batang tidak berkay ini termasuk dalam tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Apabila Anda memiliki hobi bercocok tanam, maka sebaiknya mencoba budidaya melon sendiri yang dapat dilakukan di halaman rumah dengan memakai pot atau polybag. Dengan keberadaan melon di halaman rumah akan menghadirkan ruang hijau yang bagus untuk lingkungan Anda. Daripada itu, melon yang dimakan dari hasil budidaya sendiri juga akan menimbulkan kepuasan pribadi daripada membelinya. Bagi Anda yang ingin mencoba budidaya melon dalam pot/polybag, berikut uraian cara menanam melon dalam polybag secara praktis.

1. SYARAT TUMBUH

Tanaman melon dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 250 hingga  800 meter dari permukaan laut dengan iklim hujan antara 1.500 hingga 2.500 mm per tahun jga kelembaban udara antara 50 hingga  70%. Jenis tanah yang kompatibel untuk melon yaitu tanah liat berpasir yang mengandung bahan organik dengan kadar tinggi.
http://bit.ly/hargapolybag
2. ALAT DAN BAHAN

Cara menanam melon dalam pot/polybag konsepnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman lain, pada lahan luas atau bukan. Pertama pastinya dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan bercocok tanam melon Anda. Siapkan beberapa polybag dengan ukuran masing-masing 40×50 cm. Lahan pekarangan rumah untuk menanam melon juga harus disiapkan dan dibersihkan dahulu bila terdapat rumput liar. Siapkan pula lanjaran atau ajir dari bambu yang nanti akan ditancapkan pada media tanam dengan panjang sekitar 1,5 sampai 2 m. Paku dengan ukuran 2 inch, tali rapia dan gunting, serta pisau pemotong.

3. PERSIAPAN BIBIT

Belilah benih tanaman melon di toko tanaman, kemudian rendam dalam air yang telah diberi fungisida selama 1 malam. Sesudah itu, tiriskan benih pada koran. Kemudian simpan benih pada tempat yang gelap selama 12 sampai 14 hari hingga benih berkecambah atau berdaun 4 untuk dipindahkan ke media semai pada polybag. Untuk membuat media semai, Anda dapat membuatnya dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing yaitu 2:1 kemudian dimasukkan langsung dalam polybag atau pot semai. Tancapkan benih yang berkecambah dalam media semai tersebut, arahkan benih yang runcing untuk menghadap ke bawah. Siram dengan air setiap 2 hari sekali supaya tanah tidak kering. Hindari dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. PERSIAPAN MEDIA TANAM

Untuk media tanam melon berbeda dengan media semai, serta tempatnya. Siapkan polybag baru, kemudian buatlah media tanam yang berupa tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan masing-masing perbandingan yaitu 1:2:3. Masukkan media tanam yang telah dicampur dalam polybag, kemudian tambahkan 5 gram Furadan, 20 gram pupuk NPK, 1 liter humic acid kemudian aduk rata. Tujuan dari pemakaian bahan-bahan tambahan tersebut yaitu untuk mencegah kecambah yang tumbuh tidak mengalami gangguan dari penyakit tanaman. Pupuk kandang yang digunakan juga dapat diganti dengan Trichoderma dan Zat Pengatur Tumbuh organik dengan tambahan ketiga bahan tersebut.

BACA JUGA:

5. PENANAMAN

Penanam dilakukan jika bibit yang disemai telah berumur sekitar 2 sampai 3 minggu ketika tunas telah mencapai ukuran sekitar 10 cm, kemudian pindahkan ke media pertumbuhan yaitu polybag yang sudah disiapkan. Sebelum tanaman dipindah, disiram dulu media tanam dengan air. Penanaman sebaiknya dilaksanakan ketika matahari mulai tenang, dapat pada pagi atau sore hari.

6. PEMASANGAN AJIR

Ajir atau lanjaran dipasang ketika tanaman melon telah merambat dan menjalar atau di usia 5 sampai 8 hari sesudah masa awal tanam, sambil diatur arah rambatannya.

7. PEMANGKASAN DAN PEMILIHAN BUAH

Pemangkasan cabang tujuannya untuk memilih bakal buah yang mau dibesarkan. Pemangkasan dikatakan penting dilakukan sebab dapat memengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pemangkasan penting dilakukan setiap hari sebab pertumbuhan melon sangat cepat dengan tujuan supaya pertumbuhan cabang belum terlalu besar. Calon buah yang bisa dipilih pada cabang 7 sampai 12 dan dipilih satu yang ingin dibesarkan, sementara cabang lainnya untuk dilakukan pemangkasan. Atau cabang yang muncul dari ketiak daun pertama hingga ke-8 dipotong, lantas daun ke-9 hingga daun ke-13 cabang yang tumbuh didiamkan dan dipelihara untuk pembuahan. Sesudah daun ke-13 tidak harus lagi ada cabang yang dipelihara sampai daun ke-17 batang dipotong.

8. PEMUPUKAN

Cara menanam melon pada polybag sesudah melakukan pemangkasan cabang yaitu melakukan pemupukan. Pemupukan memakai pupuk dasar dari pupuk Mutiara 15 gram/polybag, diberikan ketika mengisi media tanam pada polybag. Lakukan pemupukan susulan dengan NPK dengan banding 16:16:16 dan KNO3 dengan menaburkan di sekeliling tanaman atau dicampur dulu dengan air dan dikocorkan tanpa mengenai tanaman. Pemupukan susulan menggunakn NPK dilakukan di hari ke-14, ke-24, ke-34, ke-44 dan ke-54 (KNO3) hari sesudah tanam dengan dosis masing-masing 10 gram per polybag, untuk KNO3 nya 1g per liter, 1 liter per pot.

https://bit.ly/2dWIjly

9. PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan bantuan insektisida maupun membuang hama dengan manual dari bagian tanaman yang dihinggapi. Untuk mencegah serangan penyakit dapat dipakai fungisida sistemik dan kontak yang diberikan dengan berselang-seling. Pemakaiannya dapat ditambah dengan perekat sebagai daya rekat ke daun bila sedang memasuki musim hujan.

10. PEMANENAN

Panen umumnya dilakukan sesudah melon mulai berbuah, biasanya pada umur 20 hari sesudah tanam, buah sudah dapat diseleksi dan dipelihara sampai hari ke-60 sesudah masa tanam untuk dipanen. Buah yang siap dipanen memiliki ciri-ciri warna kulit yang mulai putih kekuningan, kulit buah putih warnanya kekuningan, di tangkai buah terdapat cincin atau lingkaran retak-retak, dan tercium aroma harum dari buah melon.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah