Panduan Lengkap Menanam Mawar dalam Polybag Bagi Pemula

Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang mempunyai nama sama antara tanaman dan bunganya yaitu bunga mawar. Sampai kini bunga mawar masih banyak yang menggemari, mungkin karena tanaman ini mudah untuk didapatkan, mudah ditanam juga mudah dalam perawatannya. Daripada itu bunga mawar juga masih mempunyai daya tarik sebab keindahannya juga keharuman aromanya yang khas. Tanaman bunga mawar ini terdiri dari 100 spesies lebih yang sebagian besar tumbuh di bumi belahan utara yang hawanya sejuk. Tanaman bunga mawar ini meskipun berduri namun banyak sekali yang menyukai dan banyak ditanam sebagai tanaman hias yang menarik.

Menanam tanaman bunga mawar di dalam pot tidaklah sulit, yang terpenting yaitu kemauan dan keinginan untuk belajar. Merawat tanaman bunga mawar juga sangat mudah, karena tidak membutuhkan perlakuan khusus. Yang harus diperhatikan yaitu menjaga tanaman supaya tidak kekurangan nutrisi dan air. Nutrisi dan air yaitu faktor penting untuk pertumbuhan tanaman, sebab jika dari kedua faktor tersebut tidak terpenuhi maka tanaman akan tumbuh kerdil atau bahkan mati. Bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menanam bunga mawar? Berikut ini caranya:


1. Persiapan Bibit Bunga Mawar

Langkah pertama dalam kegiatan menanam bunga mawar yaitu mempersiapkan bibit. Apabila anda ingin praktis atau tidak mempunyai cukup waktu anda dapat membeli bibit bunga mawar yang banyak dijual di tempat penjual bunga. Pilihlah bibit yang kualitas bagus, sehat dan tidak terdapat penyakit. Dalam perbanyakan tanaman bunga mawar kebanyakan dilakukan dengan stek. Apabila anda ingin membuat bibit sendiri, pilihlah batang bunga mawar yang cukup tua. Potong dengan memakai pisau yang tajam dan bersih dengan panjang kira-kira 10 cm. Siapkan media semai yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan banding 2 : 1. Dinginkan media semai dengan diangin-anginkan selama waktu kurang lebih 15 hari. Lalu masukkan kedalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar tersebut dengan hati-hati kedalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm lalu masukkan stek dengan hati-hati supaya kulitnya tidak rusak. Letakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung maupun hujan. Sebab bila kebanyakan air stek akan membusuk dan tidak akan tumbuh.

2. Persiapan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam bunga mawar dalam pot/polybag yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan banding 4 : 1 : 4. Aduk sampai tercampur rata semua media tanam tersebut dan diamkan selama kurang lebih 15 hari. Pupuk kandang yang baik yaitu yang telah difermentasi atau pupuk kandang yang sudah lama/sudah matang. 

3. Persiapan Pot/Polybag Untuk Menanam Bunga Mawar

Pot untuk menanam bunga mawar dapat memakai pot tanah, pot semen atau pot plastik maupun polybag. Pilihlah pot/polybag yang mempunyai drainase yang baik. Ukuran pot/polybag yang dipakai sesuaikan dengan selera anda. Tetapi jangan memakai pot/polybag yang terlalu kecil, pilihlah pot/polybag dengan diameter minim 25 cm. Jangan pula memakai pot/polybag yang terlalu besar, supaya anda tidak kesulitan bila ingin memindahkan tanaman bunga mawar ketempat lain.

4. Cara Menanam Bunga Mawar

Dasar pot/polybag diisi dengan kerikil atau pecahan genting supaya air mudah utuk keluar dan media tanam tidak terlalu lembab atau becek. Diatasnya diisi dengan media tanam yang sebanyak setengah dari tinggi pot/polybag keseluruhan. Buka polybag pembibitan dengan hati-hati supaya media tidak pecah. Llau bibit di letakkan ditengah-tengah pot/polybag dan tambahkan media tanam hingga media semai tertutup. Upayakan agar pangkal batang tidak tertutup oleh media tanam. Lalu tekan – tekan media tanam dengan perlahan supaya bibit bunga mawar bisa berdiri tegak dan tidak roboh ketika disiram. Sesudah penanaman selesai, siram tanaman dan letakkan pot pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung atau tempat yang terlindung supaya tanaman beradaptasi. Sesudah itu kurang lebih satu minggu, perkenalkan tanaman bunga mawar dengan sinar matahari dengan bertahap.

5. Perawatan & Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan dan pemeliharaan tanaman bunga mawar dalam pot/polybag yaitu meliputi penyiangan dan penyiraman. Siram tanaman dengan seperlunya saja, dapat 1 atau 2 kali sehari. Penyiraman menyesuaikan dengan kondisi media tanam. Jangan menyiram dengan berlebihan, media tanam yang terlalu lembab bisa mengakibatkan akar tanaman bunga mawar membusuk dan mati. Penyiangan juga harus dilakukan supaya tanaman bunga mawar tidak terganggu oleh rumput liar.


6. Pemupukan Tanaman Bunga Mawar Dalam Pot

Supaya tanaman tumbuh subur dan bisa berbunga, berikan pupuk untuk sebagai sumber nutrisi. Pemupukan dapat memakai pupuk kandang, dengan cara menaburkan segenggam pupuk kandang dipinggir pot. Upayakan agar pupuk kandang tidak menyentuh batang tanaman bunga mawar. Daripada itu bisa pula dengan pupuk NPK, caranya dapat dilakukan bersamaan dengan penyiraman. Larutkan 1 sendok makan NPK dengan 5 liter air, lalu kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan dapat dilakukan pada setiap 15 atau 20 hari sekali.

Demikian cara menanam bunga mawar dalam pot/polybag. Untuk dapat menghemat pupuk, anda juga dapat dengan memanfaatkan limbah dapur sebagai pupuk tanaman bunga mawar. Anda dapat memakai ampas teh atau air cucian beras sebagai pupuk organik. Ampas teh yang telah dingin ditaburkan disekeliling tanaman mawar, sementara air beras dapat di aplikasikan dengan penyiraman atau penyemprotan kedaun tanaman.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah