Cara Budidaya UBI JALAR ORGANIK Supaya Cepat Berbuah Lebat

Cara Budidaya UBI JALAR ORGANIK Supaya Cepat Berbuah Lebat

Cara Budidaya UBI JALAR ORGANIK Supaya Cepat Berbuah Lebat

Tanaman Ubi Jalar yaitu type tanaman yang banyak dibudidaya oleh orang-orang Indonesia. Tanaman ini begitu baik ditumbuh-kembangkan di lingkungan tropis serta mempunyai pencahayaan matahari penuh selama seharian. Ada tiga type ubi jalar yang begitu popular banyak dibudidayakan oleh petani yaitu ubi jalar ungu, ubi jalar merah, serta ubi jalar putih kecokelatan.

Faedah Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar banyak digunakan dengan cara luas oleh orang-orang sebagai bahan makanan pokok, bahan untuk industri makanan, sebagai tanaman herbal, serta tanaman hias. Dengan cara medis, bagian-bagian organ tanaman ubi jalar bisa digunakan sebagai tanaman herbal, seperti : Di bagian daun mantang bisa digunakan untuk mengobati luka memar, luka akibat teriris pisau, lecet, atau bisulan.


*Simak Juga Artikel Berikut Langkah Budidaya Tanaman Pangan Singkong

Prasyarat Tumbuh Tanaman Ubi Jalar

Budidaya ubi jalar (mantang) dengan cara organik begitu pas dikerjakan di daerah tropis yang panas serta lembab. Curah hujan ideal untuk tanaman ini yaitu 800 - 1. 500 mm/th., dengan suhu lingkungan 22 - 27 derajat celcius dan kelembapan udaranya yaitu 60-80%. Ubi jalar bisa ditanam pada musim hujan menuju musim kemarau, lantaran bakal jauh tambah baik. Type tanah yang pas untuk tanaman ini yaitu tanah andosol, lempung simak berpasir, aluvial, dan tanah yang banyak terkandung unsur hara organik.

Di negara Indonesia, budidaya ubi jalar begitu baik jika dikerjakan di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 500 - 1. 200 mtr. dibawah permukaan air laut (mdpl). Pada ketinggian tempat seperti ini, produktivitas panen ubi jalar bakal makin optima

Langkah Budidaya Ubi Jalar Dengan cara Organik

Untuk peroleh hasil panen ubi jalar yang berbuah lebat serta menguntungkan, jadi Ada banyak hal yang perlu dikerjakan untuk berhasil menanam ubi jalar mencakup sistem penentuan bibit unggul, pemrosesan tanah, penanaman, dan bagaimana tahu umur ideal supaya umbi mantang siap panen serta di jual di market.


*Untuk Update Harga Karung Beras Silahkan Cek DISINI

1. Penyiapan Bibit Ubi Jalar
Penyiapan bibit dalam budidaya ubi jalar bisa dikerjakan dengan dua langkah, yaitu dengan cara generatif (lewat umbi) serta vegetatif (lewat stek batang) lalu dilewatkan di tempat yang teduh sampai nampak mata tunasnya (dilewatkan kurang lebih 2-3 bln.). Setelah itu tunas yang keluar dari umbi itu dipotong serta siap untuk di besarkan. Langkah sejenis ini dipakai untuk perbanyak bibit unggul dalam taraf terbatas, atau untuk kembalikan beberapa karakter unggul sang induk.

Langkah ke-2 adalah perbanyakan dengan cara vegetatif yaitu dengan lakukan stek batang. Calon indukan di ambil dari batang yang telah berusia 2-3 bln., pastikan batang mantang yang kokoh dengan ruas pendek-pendek.

www.waring99.com


2. Pemrosesan Tempat Tanam Ubi Jalar
pH tanah yang pas untuk tumbuh-kembang tanaman ubi jalar/mantang yaitu kisaran pH tanah 5-6, 7. Tanaman ini bisa tumbuh baik pada tempat perkebunan, sisa persawahan yang ditanami padi atau type tanaman sayur serta buah, dan di tanah tegalan. Sedang untuk tempat perkebunan serta ruang persawahan baiknya penanaman dikerjakan pada saat kemarau.

Untuk lakukan budidaya ubi jalar dengan cara organik, jadi berikanlah pupuk basic berbentuk pupuk kandang atau kompos. Pemberian pupuk kandang itu berbarengan ketika pembuatan bedengan dengan dosis 20 ton per hektar tempat tanam.

3. Penanaman Ubi Jalar Organik

Ubi jalar baiknya ditanam lewat cara membenamkan 2/3 stek batang kedalam tanah. Dalam 1 bedengan tempat tanam ada dua baris lajur tanaman. Jarak tanaman antar satu baris 40 cm. Dimuka penanaman, upayakan tanah senantiasa lembab, mempunyai ketercukupan air. Penyiraman dihentikan jika tunas-tunas daun telah tumbuh pada batang stek kurang lebih setinggi 2-4 cm. Biarlah tunas-tunas itu tumbuh liar serta menyebar ke tanah.


*Baca Juga Langkah Menanam Gandum Yang Baik

4. Perawatan Basic Tanaman Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar begitu tahan pada keadaan tempat yang cukup kering (tanaman type xerofit), hingga bakal tetaplah bertahan hidup bila tak disiram dalam keadaan yang cukup lama. Sesudah umur tanaman 2-3 minggu ada tanaman yang mati, tidak berhasil tumbuh atau layu, selekasnya ubah dengan tanaman baru (disulam)
Pada umur 4 minggu sesudah tanam, kerjakan pembongkaran/penggemburan tanah dibagian kiri serta kanan tanaman, radus 10 dari pusat akar tanaman. Hal semacam ini ditujukan supaya tanaman tak menyebar kemana saja hingga umbi-umbi bakal berkembang sesuai sama pada jalur tanamnya semasing. Pada umur 6-9 minggu sesudah tanam, tanah yang dibongkar tadi ditutup kembali sembari membereskan akar-akar tanaman yang menyebar keluar dari jalur penanaman. Hal semacam ini dikerjakan untuk merapihkan supaya umbi berbuah pada pusat tanaman awal serta tak merambat kemana saja. Jika umbi tumbuh serta berkembang pada daerah yang lain (bukanlah pada pusat tanam awal), jadi ukuran umbi bakal kecil-kecil hingga produktivitas panen makin rendah.

5. Pemanenan Budidaya Ubi Jalar Organik

Pemanenan ubi jalar umumnya dikerjakan pada usia 4-5 bln., bergantung dari semasing varietas. Pemanenan baiknya dikerjakan ketika sore hari lewat cara mencangkul dengan cara hati-hati. Tanda-tanda tanaman ubi jalar yang telah siap panen yakni umbi mempunyai ukuran 1 kepalan tangan orang dewasa, dalam satu pohon bisa membuahkan sekurang-kurangnya 1 kg umbi, batangnya telah agak hijau-kekuningan, tanah di sekitar pusat tanaman telah retak-retak yang mengisyaratkan kalau umbinya telah tumbuh optimal didalam tanah hingga mesti selekasnya dipanen. Sesudah dipanen, lantas input umbi kedalam karung atau bakul yang terbuat dari anyaman bilah bambu. Lalu hasil panen dicuci bersih, lalu ditempatkan pada tempat yang sejuk sebelumnya di pasarkan.

Bila Anda Membutuhkan Karung Beras Untuk Pengemasan Segala Macam Hasil Panen , Pemesanan Hub 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
www.karungberas99.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah