Teknik Lengkap Menanam Tanaman Nilam dalam Polybag

Jual Plastik Polybag Berkualitas - Lim Corporation

Nilam atau dengan nama latinnya Pogostemon cablin yaitu tanaman semak tropis dengan penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan dengan minyak nilam. Minyak nilam dalam perdagangan internasional yang dikenal dengan minyak patchouli sebab minyak ini berasal dari sulingan daun. Minyak nilam banyak dipakai parfum atau wangi-wangian serta sebagai bahan dupa atau setanggi di tradisi timur.

Tanaman nilam yang berupa semak yang bisa tumbuh sampai ketinggian 1 meter. Tanaman nilam menyukai tempat yang suasananya teduh, hangat juga lembab. Sebab harga minyak nilam lebih tinggi dibandingkan dengan minyak atsiri, saat ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melakukan budidaya tanaman nilam ini. Apabila anda tidak mempunyai lahan yang luas, anda bisa melakukan budidaya nilam dalam pot/polybag, berikut cara menanam nilam dalam pot/polybag:
http://bit.ly/hargapolybag
Cara Budidaya Nilam Dalam Pot atau Polybag

Persiapan Bibit dan Penanaman Nilam

Bibit nilam bisa diperbanyak dengan cara setek pucuk atau setek batang. Batang yang akan dijadikan bibit yaitu batang yang telah cukup tua, mempunyai diameter sekitar 0,8 sampai 1 cm dan panjang sekitar 20 sampai 30 cm. Stek batang dapat diambil dari tanaman induk yang sehat, muda dan agak berkayu dengan 3 sampai 5 mata tunas. Sementara stek pucuk mempunyai 4 sampai 5 buku dengan 3 sampai 4 mata tunas atau 3 helai daun. Apabila bibit sudah siap, segera kerjakan penanaman. Sediakan polybag tanam kemudian isi dengan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Masukkan media tanam 3 per 4 bagian polybag kemudian tanam bibit nilam dan isi media tanam kembali.

BACA JUGA:

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Nilam

Kerjakan kegiatan penyulaman pada tanaman yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan tanaman baru. Daripada itu, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kandang maupun pupuk Sp-36, pupuk KCl dan juga pupuk NPK. Selain pupuk tersebut bisa juga dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Ketika tanaman berumur sekitar 1 bulan, tanaman diberi pupuk KCl atau SP-36 dan pupuk NPK dengan dosis sekitar 1 per 4 bagian dan 1 per 3 bagian. Lakukan juga pemupukan tersebut sesudah pemanenan pertama, dan sisanya dilakukan sesudah pemanenan kedua dan saat supaya pertumbuhan tanaman lebih optimal.

Lakukan juga penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Penyiangan ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Sesudah tanaman berumur 3 bulan lakukan juga pemangkasan. Pemangkasan tersebut dikerjakan pada cabang tingkat 3 keatas. Pemangkasan atau penjarangan ini dilakukan supaya tanaman terhindar dari hama dan penyakit.

https://bit.ly/2dWIjly

Masa Panen Nilam

Pemanenan nilam bisa dilakukan ketika tanaman nilam berumur 6 sampai 8 bulan. Supaya kandungan minyaknya tinggi, pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari menjelang malam dan upayakan untuk pemanenan dilakukan sebelum daun nilam berubah menjadi warna coklat.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah