Trik Jitu Cara Menanam Tanaman Nilam dengan Mudah Bagi Pemula

Jual Plastik Polybag Murah - Lim Corporation

Nilam adalah tanaman semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam. Minyak nilam di perdagangan internasional dikenal dengan minyak patchouli sebab minyak ini asalnya dari sulingan daun. Minyak nilam banyak dipakai untuk parfum atau wangi-wangian dan juga sebagai bahan dupa atau setanggi dalam tradisi timur. Tanaman nilam yang berupa semak yang bisa tumbuh sampai ketinggian 1 meter. Tanaman nilam gemari tempat yang suasananya teduh, hangat serta lembab. Sebab harga minyak nilam lebih tinggi daripada minyak atsiri, saat ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melakukan budidaya tanaman nilam ini. Berikut cara budidaya tanaman nilam:
http://bit.ly/hargapolybag
1. Syarat Tumbuh

Tanaman nilam bisa tumbuh dengan baik di daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 10 sampai 700 mdpl tapi bila lebih tanaman ini masih toleran tapi tidak tumbuh optimal. Daerah yang akan dipakai untuk membudidayaan tanaman ini perlu mempunyai suhu sekitar 22°C hingga 28°C dengan curah hujan sekitar 2500 hingga 3500 mm per tahun serta kelembaban sekitar 75%. Tanaman nilam bisa ditanam diberbagai jenis tanah, tapi dianjurkan tanah yang gembur, subur serta kaya akan humus dengan derajat keasaman atau pH sekitar 5,5 sampai 6,5.

2. Persiapan Bibit Tanaman Nilam

Bibit nilam didapatkan dengan cara vegetatif, ada 2 cara persemaian bibit yaitu:
Bibit stek dipotong dengan panjang 15-18 cm. Sesudah bibit stek didapat, berikutnya tanam bibit stek tersebut dalam polybag semai yang sudah diisi dengan media tanam yang berupa campuran tanah, seism dan pasir juga pupuk kandang. Media tanam tersebut disediakan 1-2 hari sebelum melakukan persemaian tersebut. Bibit yanng disemai dalam polybag semai ini dipelihara sampai tanaman berumur sekitar 2 bulan dan berikutnya bisa dipindah tanamkan.

BACA JUGA:

Bibit stek dipotong dengan kepanjangan 12 hingga 15 cm lalu bibit stek tersebut direndam dalam pupuk cair organik perangsang akar selama sekitar 15 menit. ikat bibit stek tersebut dalam satuan 50 hingga 100 batang dan simpan di tempat teduh dan sejuk selama sekitar 15 hari. Apabila bibit sudah tumbuh akar serabut berikutnya dipindah tanamkan pada polybag yang diberi lubang tanam sekitar 2 hingga 3 lubang supaya tidak ada gesekan pada akar.

3. Penanaman Tanaman Nilam

Untuk cara menanam tanaman nilam, ada 2 cara yakni dengan penanaman secara tidak langsung dan penanaman secara langsung. Penanaman Langsung yakni menanam bibit setek yang baru dipetik langsung ditanam di lahan tanam, dengan setiap lubang tanam diisi sekitar 2 hingga 3 batang setek. Sementara Penanaman secara tidak langsung yakni bibit setek di semai dahulu sampai berumur 6 hingga 8 minggu barulah di pindah tanamkan pada lahan tanam.

4. Pemeliharaan Tanaman Nilam

- Penyulaman
Kerjakan penyulaman pada tanaman yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan tanaman baru.

https://bit.ly/2dWIjly

- Pemupukan
Pemupukan tanaman nilam bisa dilakukan dengan memakai pupuk kandang ataupun pupuk Sp-36, pupuk KCl juga pupuk NPK. Selain pupuk tersebut bisa juga dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Ketika tanaman berumur sekitar 1 bulan, beri pupuk KCl atau pupuk SP-36 dan juga pupuk NPK dengan dosis sekitar 1 per 4 bagian dan 1 per 3 bagian. Kerjakan juga pemupukan tersebut sesudah pemanenan pertama, dan sisanya dikerjakan sesudah pemanenan kedua dan saat supaya pertumbuhan tanaman lebih optimal.

- Penyiangan
Kerjakan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh. Penyiangan gulma atau tanaman pengganggu tersebut bisa dikerjakan secara mekanis atau kimiawi. Penyiangan ini bisa dikerjakan setiap 3 bulan sekali.

- Pembumbunan
Sesudah proses pemanenan, kerjakan proses pembubunan. Pada cabang, dahan juga ranting yang letaknya dekat dengan tanah ditimbun kembali setinggi 10 sampai 15 cm.

- Pemangkasan
Sesudah tanaman berumur 3 bulan lakukan pemangkasan. Pemangkasan tersebut dikerjakan pada cabang tingkat 3 keatas. Pemangkasan atau penjarangan ini dikerjakan supaya tanaman terhindar dari hama dan penyakit.
Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah