Panduan Lengkap Budidaya Petsai, Mulai dari Lahan Hingga Panen

Jual Plastik Polybag Pertanian - Lim Corporation

Petsai banyak ditanam pada daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 m dpl. Tanaman petsai jarang ditanam di daerah dataran rendah sebab tidak mau membentuk krop. Apabila membentuk krop maka kropnya kecil atau keropos. Sedangkan itu, caisim bisa ditanam baik di dataran rendah atau dataran tinggi. Ada juga syarat-syarat penting supaya tanaman petsai tumbuh ialah tanahnya gembur, subur, dan pH tanahnya sebaiknya antara 6 hingga 7.
http://bit.ly/hargapolybag
Tanaman petsai banyak diupayakan di Cipanas, Lembang, Pangalengan, Malang, Tosari, dan sebagainya. Luas areal tanamannya berkisar 7.200 hingga 7.600 hektar. Waktu tanam petsai yang baik yaitu menjelang akhir musim hujan pada bulan Maret atau awal musim hujan pada bulan Oktober sebab tanaman agak tahan terhadap hujan. Namun, perawatan tanaman pada musim hujan akan lebih berat daripada musim kemarau sebab serangan ulat daun.

A. Cara tanam

Petsai atau kubis cina dikembangbiakkan dengan bijinya. Biji petsai hingga saat ini masih diimpor. Untuk satu hektar lahan dibutuhkan biji kubis cina sebanyak 500 hingga 700 g. Akan tetapi, menurut teori, satu hektar lahan hanya dibutuhkan 350 g biji kubis cina dengan daya kecambah 75%. Sebelum ditanam, biji disemai dahulu. Biji disemaikan dalam suhu rendah 10o C selama dua bulan agar berbiji. Ada baiknya biji–biji petsai yang akan ditanam itu disemaikan dalam polybag berukuran diameter 6 cm. Kantong tersebut berisi tanah steril supaya timbulnya penyakit busuk akar bisa dicegah. Biji akan tumbuh rata-rata sesudah 5 hari disemai. Lahan yang akan ditanami dicangkul sedalam 30 sampai 40 cm dan diberi pupuk kandang sebanyak 10 sampai 15 ton/ha. Sesudah tanahnya diratakan, buatlah bedengan-bedengan yang lebarnya 100 cm dan lebar paritnya 20 cm.

BACA JUGA:

Sesudah berumur satu bulan sejak semai (kira-kira berdaun 4 hingga 5 helai), bibit dipindahkan ke bedengan. Setiap bedengan dibuat tiga baris tanaman. Bibit tersebut ditanam menurut barisan dengan jarak tanam 40 cm dan jarak antarbaris 40 cm. Bibit yang ditanam hanyalah yang sehat, kuat dan juga subur tumbuhnya. Penanamannya satu per satu secara hati-hati. Alangkah baiknya akar tanaman disertai sedikit tanah agar tidak layu. Tanaman diberi pupuk buatan sebanyak dua kali berupa urea dan TSP dengan perbandingan 2 : 1. Untuk tanaman seluas satu hektar dibutuhkan 360 kg urea dan 180 kg TSP. Pupuk diberikan bersamaan waktu tanah didangir sejauh 5 cm dari batang tanaman dengan ketentuan TSP diberikan sekaligus, sementara urea diberikan dua kali. Pupuk urea pertama kali diberikan 180 kg per ha ketika tanaman berumur 1,5 bulan. Sedangkan itu, pemberian pupuk urea kedua sesudah tanaman dua bulan sebanyak 180 kg/ha.

B. Pemeliharaan tanaman

Memelihara tanaman petsai di antaranya memberantas ulat daun dan cendawan sehingga tidak akan merusak tanaman. Serangan ulat perusak daun dan cendawan mengakibatkan daun berbintik-bintik dan terbentuk lingkaran konsentris merah yang akhirnya menjadi kehitam-hitaman. Ulat daun banyak berkeliaran pada waktu hujan rintik-rintik mulai turun. Apabila belum terlambat, ulat daun itu bisa diberantas dengan semprotan insektisida Bayrusil 250 EC 0,2% setiap minggu. Cendawan Alternaria bisa diberantas dengan semprotan fungisida Dithane M-45 0,2%. Selain hama dan penyakit, terdapat penyakit yang diakibatkan bakteri. Bakteri busuk daun Xanthomonas campentris dan bakteri busuk batang Erwinia carotovora pada tanaman kubis juga mengancam tanaman petsai. Penyakit busuk batang ini banyak menghancurkan tanaman petsai. Serangan Erwinia carotovora krop mengakibatkan lunak bau belerang.

https://bit.ly/2dWIjly

C. Pemanenan

Panen bisa dilakukan sesudah tanaman berkrop besar  yaitu kirakira berumur 2,5 bulan dari waktu sebar. Cara pemanenannya dengan memotong batang yang ada pada atas tanah. Tanaman yang terawat dengan baik bisa menghasilkan krop 15 sampai 20 ton/ha. Hasil produksi petsai saat ini masih untuk konsumsi pasar lokal.
Produsen Polybag Pembibitan
 *Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah