Pembibitan dalam Media Polybag Sangatlah Praktis dan Mudah

Jual Plastik Polybag High Quality - Lim Corporation

Pembibitan adalah salah satu tahapan yang sangat penting dalam melakukan menanam suatu tanaman. Pada siklus penanaman, proses pembibitan dilakukan dengan tujuan supaya tanaman bisa beradaptasi dahulu dengan kondisi lingkungannya sebelum ditanam pada lahan yang sebenarya. Kondisi lingkungan yang dimaksud diantaranya yaitu kondisi tanah dan lingkungan, kondisi iklim, kondisi cuaca, dengan cakupan sistem lebih kecil, istilahnya gampangnya pembibitan yaitu proses tanaman supaya dibekali kemampuan untuk hidup di lahan sebenarnya. Daripada itu, proses pembibitan bisa memberikan kesempatan bagi tanaman untuk membentuk sistem perakaran, batang, dan daun terlebih dahulu, jadi saat ditanam pada lahan tanaman akan lebih kokoh dan kuat walaupun diterpa angin atau hujan.
http://bit.ly/hargapolybag
Untuk proses pembibitan dilakukan dengan cara menumbuhkan benih tanaman sampai mencapai umur, jumlah daun dan akar, diaemeter batang dan ketinggian pada tanaman tertentu yang mana hal tersebut bergantung pada jenis tanaman yang akan ditanam. Dalam proses ini, tanaman memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai dengan keinginannya. Kondisi lingkungan yang terlalu ekstrim akan tidak baik untuk tanaman bibit sebab sistem metabolismenya belum sebaik tanaman yang telah berumur lama. Dengan demikian kita harus bisa mengendalikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan keperluan tanaman bibit dan ini akan sulit bila dilakukan di lahan yang sebenarnya secara langsung sebab terlalu luas. Kita memerlukan sistem lahan yang lebih sempit, supaya memudahkan pengontrolan.

Maka dari itu, polybag hadir sebagai solusi untuk wadah media tanam selama pembibitan supaya mempermudah kita untuk mengendalikan kondisi lingkungan bagi tanaman.  Arti dari polybag yaitu plastik berbentuk segi empat yang dominan berwarna hitam digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang di sesuaikan dengan jenis tanaman yang akan disemai dan tujuan dari persemaian. Pengertian lain dari polybag yaitu kantong yang terbuat dari bahan plastik berwarna hitam yang fungsinya sebagai tempat media tumbuh tanaman.

Keunggulan dari polybag untuk pembibitan yaitu diantaranya berikut:
-Memudahkan untuk pengontrolan seperti pembersihan gulma, pengairan dan pemupukan untuk tanaman bibit.
-Bahan dari polybag kuat dan ringan sehingga mudah untuk digunakan
-Hemat tempat dan biaya
-Warnanya hitam secara keseluruhan, sehingga untuk suasana media tanam di dalam polybag menjadi gelap dan mampu untuk merangsang pertumbuhan/perkembangan akar tanaman

BACA JUGA:

-Biasa digunakan untuk melakukan pembibitan sebelum  transplanting ke lapangan seperti yang dipakai pada bibit cengkeh, bibit karet, bibit kelapa sawit, bibit sengon dan bibit lainnya.
-Proses aerasi dan drainase baik
-Sebagai aerasi dapat membantu mengatur suhu pada media tanam agar tidak terlalu panas, yang tidak di kehendaki oleh tanaman yang khususnya pada siang hari.
-Sebagai drainase bisa membantu untuk mengalirkan kelebihan air, membuang residu juga sisa pemupukan yang tidak dimanfaatkan oleh tanaman.

Ukuran polybag yang akan digunakan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila media tumbuh akan dipakai untuk penyapihan pertama dari perkecambahan dan lama waktu penyapihan sebentar, maka dapat menggunakan polybag yang lebarnya 10 cm. Tetapi apabila digunakan untuk peyapihan yang akan digunakan dalam waktu lama seperti pembibitan tanaman kebun, pembibitan kelapa sawit, pembibitan jati, pembibitan kelapa, dan pembibitan lainnya, maka ukuran polybag yang bisa digunakan yaitu ukuran lebar 40 dan tinggi 40 cm. Sebenarnya bahwa untuk ukuran/volume tempat media tanam harus mampu untuk menyediakan ruang untuk tegak dan tumbuhnya tumbuhan dengan optimal selama masa pembibitan dalam media polybag yang utama untuk pertumbuhan akar tanaman.

Kualitas dari polybag pun sebaiknya disesuaikan dengan keperluan. Polybag yang dijual biasanya dalam 3 kualitas utama yaitu kualitas KW super, kualitas KW biasa, dan kualitas Original. kualitas KW super dapat digunakan untuk lama sekitar 12 bulan pemakaian, sedangkan kualitas KW biasa dapat digunakan untuk lama sekitar 6 bulan pemakaian. Sementara polybag dengan kualitas Original dapat bertahan lama hingga 24 bulan pemakaian.

https://bit.ly/2dWIjly

Sesuaikanlah kualitas polybag dengan masa pembibitan tanaman. Proses pembibitan pada tahap awal biasanya menggunakan polybag kualitas KW biasa karena masa tanamnya lebih pendek, dan untuk tahap tanam selanjutnya menggunakan polybag kualitas KW super atau Original karena masa tanamnya lebih lama. Kualitas KW biasa sebaiknya digunakan untuk pembibitan tanaman sayur, karena lama masa tanamnya pendek. Sementara kualitas KW super dan Original sebaiknya digunakan untuk pembibitan tanaman buah dan tanaman kebun karena masa pembibitan dan masa tanamnya yang lama serta memiliki sistem perakaran yang luas.

Demikian sedikit bahasan mengenai penggunaan polybag untuk pembibitan tanaman. Gunakanlah polybag dengan tepat, sehingga efektif dalam penggunaan dan efisien dalam pengeluaran biaya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Polybag digunakan untuk tanaman bibit, tumbuh sehat, keuntungan yag didapat pun berlipat-lipat.
Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah