Tips Lengkap Menanam dan Merawat Bunga Mawar Rainbow (Pelangi)

Jual Polybag Plastik Hitam - Lim Corporation

Mawar Rainbow atau mawar pelangi adalah jenis bunga mawar hasil persilangan dari berbagai warna mawar, mawar ini ditemukan oleh Van de Werken yakni seorang ahli dari Belanda. Jenis bunga mawar ini memang menjadi primadona bagi para pecinta tanaman hias karena mawar rainbow ini mempunyai perpaduan warna yang sangat indah seperti pelangi. Berikut cara menanam dan merawat bunga mawar rainbow!

Persiapan benih Mawar Pelangi

Langkah pertama, diamkan bagian rosehip atau pinggul mawar berkembang dengan meninggalkan bunga mati di tanaman. Umumnya bunga akan diserbuki oleh serangga atau dengan menyerbuki sendiri dalam beberapa varietas, jadi tidak harus penyerbukan dengan tangan kecuali membiakkan tanaman tertentu bersama. Diamkan bunga di tanaman mawar tanpa memotongnya. Sesudah layu, buah kecil yang dikenal sebagai bunga mawar akan berkembang di tempat mereka. Benih yang dipanen bisa tumbuh menjadi tanaman dengan karakteristik yang berbeda. Ini terjadi bila pemanenan dari varietas mawar hibrida, atau bila mawar diserbuki dengan serbuk sari dari varietas mawar yang berbeda di dekatnya.
Buang pinggul mawar saat begitu matang. Pinggul mawar tersebut akan mulai kecil dan hijau, lalu berubah warna ketika mereka tumbuh sampai benar-benar warna merah, warna oranye, warna coklat, atau warna ungu. Di titik ini bisa diambil, atau menunggu sampai mulai kering dan keriput. Jangan menunggu hingga benar-benar kering dan cokelat, karena benih di dalamnya mungkin sudah mati pada titik ini. Potong pinggul mawar menggunakan pisau, kemudian ambil biji di dalamnya.

Selanjutnya keluarkan biji benih mawar tersebut, umumnya jumlah biji pada setiap buah mawar sangat bervariasi di antara varietas mawar. Bersihkan pulp dari biji kemuidan bila pulp didiamkan pada biji, mungkin akan mencegahnya berkecambah. Salah satu cara cepat untuk menghilangkan bubur yakni dengan menempatkan biji-bijian ke dalam saringan atau jaring, mengalirkan air ke dalamnya ketika menggosok biji ke samping.

Dalam campuran air dan hidrogen peroksida dapat mengurangi pertumbuhan jamur pada biji. Aduk 1,5 sendok teh hidrogen peroksida 3% dalam 1 gelas air. Lalu simpan biji mawar dalam larutan ini setidaknya dengan lama satu jam. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sedikit pertumbuhan jamur sebenarnya bisa membantu memecah kulit mengelilingi benih, tetapi perlakuan ini masih dianjurkan untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam jumlah yang lebih besar.

Cara Menumbuhkan Biji Mawar Rainbow

Letakkan benih dalam bahan basah. Bibit mawar umumnya tidak akan bertunas kecuali disimpan dalam kondisi dingin dan basah. Letakkan bibit di antara dua lapisan handuk kertas yang sedikit dibasahi, atau dalam wadah pasir sungai yang bebas garam, lumut gambut atau dalam vermikulit. Hal ini merupakan langkah pertama dalam proses stratifikasi. Bila memakai bibit yang dibeli di toko dan label mengatakan bibit mawar rainbow siap tanam maka bibit bisa langsung ditanam. Letakkan benih dan bahan lembab dalam kantong plastik atau baki bibit dalam kantong plastik atau baki bibit, dan simpan pada area dingin lemari es. Jangan simpan pada area yang sama dengan kulkas sebagai buah atau sayuran, yang bisa melepaskan bahan kimia yang mencegah benih berkembang. Pertahankan media benih agar tetap sedikit lembab.

BACA JUGA:

Tambahkan beberapa tetes air pada setiap handuk kertas di setiap kali mulai mengering. Cobalah untuk melakukan hal ini ketika benih umumnya mulai berkecambah, seperti pada awal musim semi. Pastikan bahwa lingkungan pada luar kulkas sekitar 70 derajat Fahrenheit. Benih tidak akan berkecambah sampai dikeluarkan dari kulkas. Tergantung dengan varietas mawar, biji bisa mulai berkecambah sesudah berumur empat sampai enam belas minggu. Seringkali juga 70% atau lebih dari benih tidak bertunas sama sekali.

Proses Penanaman Bibit Mawar Rainbow

Isi wadah dengan memakai campuran awal biji steril. Wadah tersebut bisa berupa nampan kecil, bekas gelas minum plastik pada bagian bawah dilubangi atau wadah yang lainnya, tanah biasa tidak disarankan sebab mungkin tidak cukup baik dan mengakibatkan bibit membusuk. Apabila sudah siap maka segera lakukan penanaman bibit mawar rainbow pada wadah yang sudah disiapkan. Tutupi dengan memakai tanah sekitar 6 mm. Juga beri jarak antar benih setidaknya 5 cm.

Biji akan mulai tumbuh sebagai bibit pada waktu seminggu. Benih yang beli di toko yang tidak membutuhkan stratifikasi bisa memakan waktu beberapa minggu dan mungkin membutuhkan dua atau tiga tahun untuk menunggu bunga muncul. Simpan bibit pada tanah yang hangat dan lembab. Jaga tanah agar tetap basah, namun tidak terlalu basah. Suhu antara 16 sampai 21 derajat celcius sangat ideal untuk sebagian besar varietas mawar. Bibit umumnya berkembang pada enam jam matahari atau lebih setiap hari.

https://bit.ly/2dWIjly

Sesudah bibit tumbuh beberapa daun sejati, pindahkan atau transplantasikan bibit dalam pot yang lebih besar selama 1 atau 2 tahun, lalu bila sudah kuat maka bisa ditransplantasikan di luar. Sesudah bibit yang ditransplantasikan kembali sehat maka lakukan penyiraman seperti biasa. Pemupukan beberapa kali selama musim tanam bisa membantu tanaman tumbuh dan berkembang, namun harus diingat bahwa beberapa varietas mawar tidak akan mekar sama sekali selama tahun pertama penanaman.

Cara Merawat Bunga Mawar Rainbow

Lakukan pemangkasan pada tanaman mawar rainbow bila sudah terlalu rimbun selama masa dormansi di akhir musim. Lakukan juga penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya supaya nutrisi yang diperlukan tanaman mawar tidak berkurang.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Tepat Memasang Paranet yang Benar

Cara Membuat Green House Sederhana Dengan Paranet

Rahasia Budidaya Melon Hidroponik Agar Panen Melimpah